Jumat, 19 Oktober 2018
Online Single Submission: Reformasi Proses Perizinan Kegiatan Bisnis dan Investasi di Indonesia
Diskusi ini bertujuan memberikan gambaran terhadap skema sistem OSS dan implementasinya terhadap proses perizinan kegiatan bisnis dan investasi saat ini
MHH/ES

 

Hukumonline.com bekerja sama dengan Assegaf Hamzah & Partners (AHP) mengadakan Diskusi Hukum dengan topik “Online Single Submission: Reformasi Proses Perizinan Kegiatan Bisnis & Investasi di Indonesia” yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai kerangka hukum baru tentang proses perizinan kegiatan bisnis dan investasi serta mekanisme penggunaannya, dimana dapat digunakan sebagai tonggak utama dalam memikirkan apakah kerangka hukum baru ini dapat memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di Indonesia ke depannya.

Ruang lingkup pembahasan di dalam Diskusi ini meliputi:

  • "Skema Besar Penerapan Sistem OSS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Bisnis & Investasi di Indonesia", yang disampaikan oleh:
    • Bapak Sakti Lazuardi, selaku Kepala Sub-Bagian Advokasi Hukum dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dimana beliau menyampaikan garis besar peraturan dan penerapan system OSS, serta ruang lingkup implementasi system OSS
    • Bapak Rony Douglas, selaku perwakilan dari Tim Teknis Persiapan Sistem OSS, dimana beliau menyampaikan peraturan teknis dan mekanisme penggunaan system OSS.

Sesi ini dimoderatori oleh Bapak Leo Faraytody, selaku Presiden Direktur dari EasyBiz.

  • Implikasi dan Tantangan terhadap Pelaku Bisnis dalam Penerapan Sistem OSS, yang disampaikan oleh:
    • Bapak Agung Pambudhi, selaku Direktur APINDU Research Institute dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dimana beliau menyampaikan potensi manfaat dari system OSS terhadap pelaku usaha serta tantangannya.
    • Bapak Tunggul Purusa Utomo, selaku Partner dari Assegaf Hamzah & Partners dimana beliau menyampaikan dampak penerapan system OSS terhadap transaksi bisnis di Indonesia.

Sesi ini dimoderatori oleh Ibu Asmarora Elmasri, selaku Direktur Operasional dari EasyBiz.

Secara umum, Diskusi ini berjalan dengan lancar, dimana peserta antuasias dalam berdiskusi terkait dengan persoalan serta perubahan yang dialami dan akan dialami terkait dengan proses perizinan kegiatan bisnis dan investasi. Diskusi ini telah dilaksanakan di Sari Pacific Hotel, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta pada 18 Oktober 2018.

----------

Jika anda tertarik dengan notulensi Diskusi ini, silahkan hubungi kami via email ke alamat [email protected]. Notulensi Diskusi tersedia gratis untuk pelanggan hukumonline.com*.

*syarat dan ketentuan berlaku