Rabu, 12 Juni 2019
Pungli dalam Distribusi Logistik dan Risiko Hukum bagi Pelaku Usaha
Diskusi yang akan membahas mengenai Pungli yang terjadi di sektor distribusi
VFB/ES

https://static.hukumonline.com/frontend/skins/kaze/default/img/hukumonline-logo.pnghttps://images.hukumonline.com/frontend/2017/Talks!/logo_ILUNI_FHUI_Makara_Yellow_pa.jpg

Salah satu sektor yang marak terjadi pungli di Indonesia adalah di jalur darat khususnya terjadi kepada kendaraan bermuatan yang melakukan distribusi logistik/barang ke daerah-daerah. Hal ini patut menjadi perhatian khusus karena banyak berdampak pada segi bisnis yang mampu merusak harga dari suatu barang hingga menyebabkan kerugian, dan tidak bisa dikesampingkan juga aspek hukum yang dilanggar oleh oknum-oknum pungli tersebut yang harus diberi perhatian khusus oleh pemerintah maupun pihak yang berwajib. Maka dari itu bekerjasama dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI), Hukumonline.com telah menyelenggarakan Talks! Hukumonline 2019: Pungli dalam Distribusi Logistik dan Risiko Hukum bagi Pelaku Usaha.

 

Diskusi ini menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk dapat membedah dan berdiskusi secara intim dengan para panelis yang diisi oleh para ahli di bidang yang bersentuhan dengan Pungli, yakni Syamsudin Baco, dari Bidang Perhubungan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Mohammad Fajri Mekka Putra, Sekretaris Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI), dan juga Arsil yang merupakan Pengajar Hukum Pidana dari STIH Jentera. Ketiga narasumber tersebut membahas Pungli sesuai dengan sektor dan sudut pandang yang berbeda.

 

Dibuka dengan bapak Syamsudin Baco yang membahas mengenai Pungli sebagai momok dalam teknis distribusi dari sudut pandang pelaku usaha, beliau memaparkan bentuk daripada modus Pungli yang sering terjadi di jalur darat yang mana merugikan baik pihak yang bersentuhan langsung dengan teknis logitik maupun pengusaha. Di lanjut di sesi kedua oleh bapak Mohammad Fajri Mekka Putra yang merupakan Sekretaris Umum ILUNI FHUI, membahas terkait mitigasi risiko yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha dalam usaha meminimalisir kerugian bagi pelaku usaha, dan ditutup dengan bapak Arsil, yang membedah melalui perspektif pidana, mengenai Pungli termasuk pengenaan pasal pidana bagi pelaku maupun penerima pungli. Diskusi ini juga banyak melibatkan peserta yang banyak datang dari sektor logistic dan distribusi yang ingin berdiskusi terkait polemic pungli yang marak terjadi di jalur darat.

 

----------

 

Jika anda tertarik dengan notulensi talk show ini, silahkan hubungi kami via email ke [email protected] Notulensi talk show ini tersedia gratis bagi pelanggan Hukumonline.com*.

*) syarat dan ketentuan berlaku

 

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua