Sabtu, 15 Juni 2019
Kupas Tuntas Pengaturan Jaminan Produk Halal dan Sertifikasi Halal di Indonesia
Diskusi yang akan menjadi wadah mengupas mengenai implementasi Jaminan Produk Halal dan Sertifikasi Produk Halal di Indonesia
VFB/ESR

Setelah 5 tahun diundangkan, dikeluarkan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2019 sebagai pelaksana dari UU No. 33 Tahun 2014 yang mengatur khusus mengenai teknis pelaksanaan beberapa ketentuan di dalam UU tersebut yang didalamnya termasuk kebutuhan Sertifikasi Produk Halal yang rencananya akan mulai diberlakukan mulai tanggal 17 Oktober 2019 nanti secara bertahap dimulai dari Bahan Baku dan Makanan dan berlanjut setelahnya sesuai ketentuan teknis PP 31/2019 tersebut. Sebagai peraturan pelaksana, Peraturan 31/2019 menawarkan penjabaran yang luas dari berbagai hal yang awalnya dan lebih umum ditangani berdasarkan Undang-Undang Jaminan Produk Halal. Intinya, ketentuan terperinci ini terkait dengan produk itu sendiri atau dengan proses sertifikasi. Namun demikian, dengan cara yang mirip dengan UU Jaminan Produk Halal yang ada, Peraturan 31/2019 juga mensyaratkan diterbitkannya peraturan lebih lanjut untuk mengimplementasikan berbagai ketentuannya. Maka dari itu bekerjasama dengan PT. Unilever Indonesia Tbk, Hukumonline.com telah menyelenggarakan Diskusi Hukumonline 2019 “Kupas Tuntas Pengaturan Jaminan Produk Halal dan Sertifikasi Halal di Indonesia”.

 

Diskusi ini menjadi wadah bagi pelaku usaha di sektor FMCG maupun sekor lainnya yang berkaitan langsung dengan Jaminan Produk Halal, maupun juga konsultan hukum terutama yang sering menjumpai perkara di sektor perlindungan konsumen. untuk dapat membedah dan berdiskusi secara intim dengan para panelis yang diisi oleh para ahli dan praktisi.

 

Sesi pertama dibuka dengan topik pembahasan seputar “Regulasi Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal dan Implementasinya di Indonesia” yang diisi oleh panelis dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dari Kementerian Agama Republik Indonesia Ibu Hj. Siti Aminah, S.Ag, M.Pd yang merupakan Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal dan juga Ibu Fitriah Setia Rini, Kepala Subbidang Verifikasi dan Penilaian Halal Produk Kemasan BPJPH yang secara garis besar membahas mengenai tata aturan terkait jaminan produk halal di Indonesia dan implementasinya bagi pelaku usaha.

 

Pada sesi kedua, diisi oleh Ibu Nurdiana Darus yang merupakan Head of Corporate Affairs and Sustainability Unilever Indonesia dan juga Ibu Gemala Dewi selaku akademisi hukum islam dari fakultas hukum Indonesia.

----------

 

Jika anda tertarik dengan notulensi talk show ini, silahkan hubungi kami via email ke [email protected] Notulensi talk show ini tersedia gratis bagi pelanggan Hukumonline.com*.

 

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua