Senin, 08 Juli 2019
Polemik Harga Tiket Pesawat dalam Perspektif Hukum, Bisnis dan Investasi
seminar ini memberikan wadah diskusi terkait polemik kenaikan harga tiket pesawat di Indonesia
DFC/ES
Polemik terkait kenaikan harga tiket pesawat saat ini begitu dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, maka pihak maskapai maupun pihak penyusun kebijakan terus merumuskan kebijakan yang paling efektif untuk memberikan solusi terhadap kenaikan harga tiket ini.
 
Dapat kita sadari, beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan kenaikan harga tiket pesawat, antara lain dari aspek persaingan usaha, perlindungan konsumen, dan kemudahan berinvestasi. Beberapa hal harus diperhatikan dalam penyusunan kebijakan terkait tiket pesawat ini adalah mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi khususnya dalam penguasaan pasar yang sehat agar tidak menimbulkan risiko persaingan usaha yang tidak sehat.
 
Selain melihat dari risiko persaingan usaha yang tidak sehat tersebut, nyatanya, aspek perlindungan konsumen juga harus disoroti. Hal ini tercermin dari harga tiket pesawat yang tetap saja tinggi pada saat permintaannya turun. Selain itu, langkah pemerintah dengan menurunkan beberapa komponen tarif pesawat dianggap belum efektif sehingga maskapai masih mematok harga tinggi yang tentu saja merugikan konsumen, di lain sisi, konsumen sendiri tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga.
 
Tak dapat dipungkiri, bahwa roda bisnis dalam industri penerbangan harus tetap berjalan. Oleh karena itu, peran beberapa pihak seperti pemerintah dan perusahaan penerbangan, maupun stakeholders lainnya haruslah bersinergi dalam pengembangan ekonomi dan kemudahan berinvestasi. Pemerintah dalam posisi ini berperan untuk menjaga keseimbangan pasar mendorong dan memberi kemudahan untuk pelaku usaha baru untuk masuk ke pasar industri penerbangan. Disamping itu, perusahaan-perusahaan kecil yang sudah ada perlu diberikan kemudahan untuk berusaha memperbesar pangsa pasarnya. Selain pengembangan-pengembangan ekonomi tersebut, perlu adanya riset mendalam apakah investasi asing pada maskapai penerbangan dinilai sudah cukup sesuai dengan kaidah-kaidah aturan di Indonesia.
 
Pada tanggal 9 Agustus 2019 yang lalu, mengadakan Seminar Nasional “Polemik Harga Tiket Pesawat dalam Perspektif Hukum, Bisnis dan Investasi” di Sari Pacific Hotel, Thamrin, Jakarta. Kegiatan tersebut dijadikan wadah untuk mengupas secara mendalam terkait permasalahan kenaikan harga tiket pesawat saat ini. Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Johannes C. Sahetapy-Engel selaku Kabid Pendidikan dan Pelatihan, DPC Peradi Jakarta Pusat dan pemaparan oleh beberapa panelis antara lain: Lin Che Wei selaku Policy Advisor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Taufik Ahmad selaku Direktur Kebijakan Persaingan KPPU RI, Chappy Hakim selaku Pengamat Dunia Penerbangan, Djoko Murjatmodjo Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II, dan Tulus Abadi selaku Ketua YLKI. Pada kegiatan ini Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi membuka kegiatan sekaligus sebagai keynote speaker.  
----------
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua