Selasa, 29 September 2020
Surat Keterangan Hak Waris (SKHW) dalam Kewenangan Balai Harta Peninggalan
Webinar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan terkini dari permasalahan dari Surat Keterangan Hak Waris yang dibuat atau diterbitkan oleh Balai Harta Peninggalan.
DFC/EDA
Surat Keterangan Hak Waris (SKHW) adalah suatu akta otentik yang menerangkan tentang keadaan yang meninggal dunia, ahli waris, harta peninggalan, dan hak bagian masing-masing ahli waris. SKHW merupakan bukti yang lengkap tentang tentang keadaan yang meninggal dunia, ahli waris, harta peninggalan, dan hak bagian masing-masing ahli waris, serta menjadi pemberitahuan pada pihak ketiga terutama Kantor Badan Pertanahan dalam rangka pengukuran tanah untuk pendaftaran peralihan hak karena warisan.
 
Pada praktiknya SKHW dapat diterbitkan oleh Notaris maupun oleh Balai Harta Peninggalan (BHP), Kementerian Hukum dan HAM RI. Dalam praktiknya, perlu adanya pemahaman terperinci terkait batasan-batasan SKHW, implikasi, serta praktik dan perkembangan regulasinya saat ini baik yang diterbitkan oleh Notaris maupun yang diterbitkan oleh Balai Harta Peninggalan dan Kurator Negara. Oleh karena itu, perlu adanya suatu edukasi khusus terkait SKHW secara online / webinar.
 
Balai Peninggalan Harta dan Kurator Negara Makassar, Kementerian Hukum dan HAM RI bersama Hukumonline.com telah mengadakan Webinar dengan topik “Surat Keterangan Hak Waris (SKHW) Dalam Kewenangan Balai harta Peninggalan” melalui platform Zoom Webinar, yang ditujukan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Surat Keterangan Hak Waris (SKHW).
 
Webinar ini dibuka oleh Bapak Mohammad Yani selaku Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Muhammad Ardiningrat Hidayat, A.Md.Im., S.H., MPA. selaku Kepala Sub Direktorat Harta Peninggalan dan Kurator Negara, Direktorat Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, dan Ibu Milly Karmila Sareal S.H., M.Kn selaku Akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Webinar ini dimoderatori oleh Hamalatul Qurani selaku Journalist dan Premium Stories Team, Hukumonline.com.
 
Secara umum, webinar berjalan dengan baik, dimana seluruh peserta antusias dalam berdiskusi dan tanya jawab. Webinar telah dilaksanakan pada Senin, 28 September 2020 yang lalu.
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua