Webinar

Cyber Security atas Data Pribadi pada Ruang Digital dan Pengaturannya di Indonesia

Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam Cyber Security atas Data Pribadi pada Ruang Digital. Serta menjadi wawasan baru khususnya bagi perusahaan yang mengelola data pribadi kostumer maupun karyawan agar dapat mengelola dengan baik tanpa merugikan pihak manapun.
Cyber Security atas Data Pribadi pada Ruang Digital dan Pengaturannya di Indonesia

Maraknya kasus kebocoran data pribadi di Indonesia yang dikelola oleh beberapa pihak seperti perusahaan milik swasta dan BUMN bahkan instansi pemerintahan pun telah menjadi catatan merah untuk perlindungan data pribadi di Indonesia. Data-data yang bocor tersebut kebanyakan dijual di berbagai situs dimana tentu hal tersebut sangat merugikan pemilik data pribadi. Dilain sisi, ancaman juga datang dari luar sistem dimana Indonesia tengah menghadapi lebih dari 11 juta serangan siber yang bukan tidak mungkin akan memporak-porandakan sistem database berisi data pribadi masyarakat. Ancaman siber tersebut dipicu banyaknya penggunaan dunia maya seperti NFT, metavers, transaksi aset kripto dan adopsi investasi di kalangan anak muda.

Berbagai contoh kasus mengenai kebocoran data pribadi yang telah terjadi serta ancaman siber yang dihadapi Indonesia saat ini mendorong pemerintah untuk segera mensahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP). Saat ini pengaturan mengenai data pribadi telah diatur dalam Permen Kominfo. Namun untuk setingkat undang-undang hanya berpaku pada ketentuan pada UU ITE khususnya pada Pasal 26 dan belum ada undang-undang yang secara komprehensif mengatur tentang data pribadi.

Kemajuan dalam digitalisasi di Indonesia tidak lepas dari tingkat literasi di Indonesia yang meliputi beberapa aspek seperti etika, kecakapan, budaya, dan kemanan digital. Meskipun Indeks Literasi Digital Indonesia secara umum menujukan kategori sedang, namun Indonesia masih mempunyai PR besar karena aspek keamanan digital merupakan aspek dengan nilai terendah. Tak mengherankan jika masyarakat pun was-was ketika hendak menyerahkan data pribadinya untuk dikelola pihak lain tak terkecuali instansi pemerintahan. Mengingat bahwa perlindungan data pribadi merupakan salah satu bagian dari hak privasi, maka semua pihak baik individu maupun pemerintah memiliki tanggung jawab yang sama dalam meningkatkan literasi digital dan memperkuat regulasi dalam perlindungan data pribadi.

Oleh karena itu, dengan adanya pembahasan topik mengenai Cyber Security atas Data Pribadi pada Ruang Digital dan Pengaturanya di Indonesia diharapkan menjadi salah satu upaya dalam peningkatan literasi digital di masyarakat. Serta menjadi wawasan baru khususnya bagi perusahaan yang mengelola data pribadi kostumer maupun karyawan agar dapat mengelola dengan baik tanpa merugikan pihak manapun.

Waktu & Tempat Kegiatan

Hari, Tanggal, Waktu, Tempat

Hari, Tanggal: Selasa, 31 Mei 2022

Pukul: 09.00 - 12.00 WIB

Platform: Zoom Webinar

Fasilitas

Softcopy Materi

E-Certificate

Notulensi

Materi

Sesi I:

  • Penjelasan secara umum mengenai perbandingan peraturan antara UU ITE dengan RUU PDP yang kaitannya dengan data pribadi.
  • Optimalisasi literasi digital dalam perlindungan data pribadi.
  • Peran peraturan perundang-undangan dalam melindungi data pribadi pada ruang digital.
  • Upaya perlindungan terhadap Kejahatan Siber.

Sesi II:

  • Pentingnya cyber security atas data pribadi, baik bagi individu maupun korporasi.
  • Tingkat cyber security di Indonesia baik secara praktik maupun peraturan tertulis.
  • Mitigasi risiko atas penggunaan data pribadi pada ruang digital seperti social media maupun website.
  • Best practice dalam penerapan perlindungan data pribadi.
Pendaftaran
Pelanggan Hukumonline

Khusus Pelanggan Hukumonline

IDR 777,000

Non-Pelanggan Hukumonline
Subtitle

IDR 888,000

Daftar Sekarang

Contact Person

Maria Ulfah (+62) 813-8003-6171, email: [email protected]  

Transfer Pendaftaran:

BNI Cabang KCP Cilandak KKO

An. PT Justika Siar Publika Nomor: 060-2439-193

Brosur Kegiatan

Unduh brosur acara dan formulir registrasi untuk keperluan perusahaan Anda.