Royalti Sebagai Harta Bersama dan Cara Pembagian Pasca Putusan Cerai

Royalti Sebagai Harta Bersama dan Cara Pembagian Pasca Putusan Cerai

Prosentase pembagian harta bersama berupa HKI pasca putus perkawinan yang berbasis nilai keadilan adalah masing-masing suami istri mendapat seperdua bila HKI tersebut atas nama suami/istri dan suami/istri menjalankan tanggung jawab, peran dan tugasnya dengan baik sebagai kepala/ibu rumah tangga.
Royalti Sebagai Harta Bersama dan Cara Pembagian Pasca Putusan Cerai

Drama perceraian penyanyi Virgoun dan Inara Rusli menemukan babak akhir setelah Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat pada Jumat (10/11/2023) membacakan putusan Perkara Nomor 1622/PDT.G/2023/PA.JB. Salah satu yang menarik dari putusan Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat kali ini adalah ditetapkannya pendapatan royalti dari beberapa lagu Virgoun sebagai harta bersama yang diperoleh selama perkawinan berlangsung.

Kuasa Hukum Inara Rusli, Arjana Bagaskara menjelaskan bahwa Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat menetapkan pembagian royalti antara Inara dan Virgoun sebesar 50% : 50%. Pembagian pendapatan royalti ini diambil dari tiga judul lagu Virgoun yakni, Surat Cinta Untuk Starla, Bukti, dan satu lagu yang dinyanyikan bersama Audy yang berjudul Selamat.

“Bunyi putusannya Majelis Hakim menetapkan pendapatan royalti itu 50% untuk Inara dan 50% lagi untuk Virgoun khususnya dari lagu-lagu Surat Cinta Untuk Starla, Bukti, dan Selamat. Tepatnya tiga lagu,” ujar Arjana Bagaskara kepada Hukumonline, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Arjana, Majelis Hakim dalam pertimbangannya menggunakan dasar Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI). Terkait hal ini, UU Hak Cipta mengatur mengenai Hak Ekonomi yang menyebutkan bahwa Hak Ekonomi merupakan hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaan.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional