Konstitusionalitas Proporsional Terbuka Pemilu Legislatif dalam Pertimbangan MK

Konstitusionalitas Proporsional Terbuka Pemilu Legislatif dalam Pertimbangan MK

Jika pengujian ketentuan mengenai sistem proporsional terbuka yang saat ini tengah berlangsung dikabulkan oleh MK berhasil, menurut sejumlah kalangan akan mengembalikan pemberlakuan sistem proporsional tertutup yang dulu pernah ada.
Konstitusionalitas Proporsional Terbuka Pemilu Legislatif dalam Pertimbangan MK
Penentuan nomor urut Partai Politik peserta Pemilu 2024. Foto: RES

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Ashari dalam sambutannya pada penyampaian Catatan Akhir Tahun 2022 KPU RI mengungkap tentang adanya kemungkinan penerapan sistem proporsional tertutup pada Pemilihan Anggota Legislatif di Pemilihan Umum (Pemilu) Februari 2024 mendatang. Meski begitu, Hasyim menyebutkan bahwa dirinya tidak berani berspekulasi mengenai hal ini.

Alasannya sederhana. Mengingat saat ini sedang dilakukan uji materi (judicial review) di Mahkamah Konstitusi terhadap ketentuan Pasal 168 ayat (2), Pasal 342 ayat (2), Pasal 353 ayat (1) huruf b, pasal 386 ayat (2) huruf b, Pasal 420 huruf c dan huruf d, Pasal 422, Pasal 424 ayat (2), dan Pasal 426 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Menurut Hasyim, sistem proporsional terbuka yang saat ini berlaku, pertama kali dilaksanakan sejak Pemilu 2009 berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan yang dimaksud Hasyim adalah Putusan Nomor 22-24/PUU-VI/2008 tanggal 23 Desember 2008.

Oleh karena itu, jika pengujian ketentuan mengenai sistem proporsional terbuka yang saat ini tengah berlangsung dikabulkan oleh MK, menurut Hasyim akan mengembalikan pemberlakuan sistem proporsional tertutup yang dulu pernah ada.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional