Kamis, 21 Januari 2010
Dibaca: 15103
Pertanyaan :
Berita Acara RUPS
Apakah yang dimaksud dengan Berita Acara RUPS? Mohon penjelasan atau ulasannya tentang Berita Acara RUPS
Jawaban :

Dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) berita acara Rapat Umum Pemegang saham atau RUPS dikenal dengan istilah risalah RUPS. Risalah RUPS merupakan catatan lengkap yang memuat segala sesuatu yang dibicarakan dan diputuskan dalam rapat (penjelasan pasal 100 ayat [1] huruf a UUPT). Direksi PT merupakan organ perseroan yang berkewajiban untuk membuat Risalah RUPS (pasal 100 ayat (1) huruf a UUPT).

 

Adapun ketentuan mengenai risalah RUPS yang diatur dalam pasal 90 UUPT, yakni:

 

(1) Setiap penyelenggaraan RUPS, risalah RUPS wajib dibuat dan ditandatangani oleh ketua rapat dan paling sedikit 1 (satu) orang pemegang saham yang ditunjuk dari dan oleh peserta RUPS.

(2) Tanda tangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak disyaratkan apabila risalah RUPS tersebut dibuat dengan akta notaris.

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat. 

Dasar hukum:

UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas 

Simak dan dapatkan tanya-jawab seputar Hukum Perusahaan lainnya dalam buku “Tanya Jawab Hukum Perusahaan” yang telah beredar di toko-toko buku.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
PENJAWAB : Aisyah Rj Siregar
MITRA : Bung Pokrol