Rabu, 18 Mei 2011
Dibaca: 34015
Pertanyaan :
Peraturan Pelaksana UU Perseroan Terbatas
Dear Hukumonline. Apa saja PP dari UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas? Dan apakah PP No. 27 Tahun 1998 tentang Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas masih berlaku mengingat PP tersebut produk dari UU No. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas (UU PT yang lama)? Mohon bantuannya. Gracias.
Jawaban :

Peraturan Pemerintah (“PP”) No. 27 Tahun 1998 tentang Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas (“PP 27/98”) memang merupakan peraturan pelaksanaan dari UU No. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas (“UU 1/95”). Akan tetapi, sepanjang belum diterbitkannya PP baru yang mencabut berlakunya PP tersebut dan menggantikannya dalam mengatur mengenai penggabungan, peleburan dan pengambilalihan perseroan, maka PP tersebut tetap berlaku.

 

Pengaturan mengenai penggabungan, peleburan dan pengambilalihan ini sebenarnya tidak hanya diatur dalam PP di bawah UUPT. Tapi, juga diatur dalam PP No. 57 Tahun 2010 tentang Penggabungan atau Peleburan Badan Usaha dan Pengambilalihan Saham Perusahaan yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (“PP 57/2010”). PP 57/2010 diterbitkan sebagai peraturan pelaksanaan dari UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

 

Mengenai PP dan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait dengan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) dapat Anda lihat di sini.

 

Mengenai PP yang mengatur penggabungan. peleburan dan pengambilalihan perseroan ini Anda dapat menyimak beberapa artikel di bawah ini:

-            Merger dan Akuisisi Diatur dalam Dua PP

-            Tata Cara Pemberitahuan & Penilaian Merger, Konsolidasi dan Akuisisi Sesuai PP 57/2010

-            Arah Kebijakan KPPU Berkaitan dengan Regulasi Merger, Konsolidasi dan Akuisisi

 

Selain PP 27/98,  ada juga PP lainnya yang juga peraturan pelaksanaan dari UU 1/95 yaitu yang mengatur mengenai pemakaian nama Perseroan Terbatas. Yakni PP No. 26 Tahun 1998 tentang Pemakaian Nama Perseroan Terbatas yang juga  masih digunakan sampai saat ini.

 

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

 
Dasar hukum:

1.      Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat

2.      Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

3.      Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 1998 tentang Pemakaian Nama Perseroan Terbatas

4.      Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1998 Tentang Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas

5.      Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2010 tentang Penggabungan atau Peleburan Badan Usaha dan Pengambilalihan Saham Perusahaan yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.