Perbuatan-Perbuatan yang Merugikan dan Membahayakan Harta Bersama

Perbuatan-Perbuatan yang Merugikan dan Membahayakan Harta Bersama

Suami atau isteri diperkenankan mengajukan sita terhadap harta bersama jika pasangannya melakukan perbuatan yang merugikan. Terbuka bagi hakim untuk memperluas cakupannya.
Perbuatan-Perbuatan yang Merugikan dan Membahayakan Harta Bersama

Masih ingat kasus Valencya? Gara-gara memarahi suaminya yang pemabuk, perempuan ini dilaporkan ke polisi, dan diproses hingga ke Pengadilan. Jaksa menuntutnya satu tahun penjara. Kasus ini kemudian menjadi viral karena mengandung kejanggalan. Bagaimana mungkin isteri yang memarahi suami yang mabuk diproses hukum atas alasan melanggar Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga? Setelah viral, Kejaksaan Agung mengambil alih kasusnya. Pengadilan Negeri Karawang akhirnya menjatuhkan vonis bebas karena dakwaan jaksa tidak terbukti.

Valencya beruntung karena kasusnya mendapat atensi banyak pihak. Banyak isteri yang punya pengalaman serupa, menghadapi suami yang pemabuk. Ada yang akhirnya memilih mengakhiri dan memutus ikatan perkawinan karena kebiasaan mabuk pasangannya sudah sulit disembuhkan.

Bisa jadi, mabuk bukan faktor tunggal yang mendorong isteri mengajukan cerai, tetapi pengalaman PA dan SH -bukan nama sebenarnya- patut dijadikan contoh. PA meminta cerai karena tak kuat menghadapi suaminya yang sering mabuk, meski suami berdalih butuh konsentrasi menjalankan tugas sebagai anggota dewan di sebuah kota di Aceh. Perkara ini berlanjut hingga ke Mahkamah Agung, dan permohonan cerai dikabulkan (Putusan Mahkamah Agung No. 527 K/AG/2009 tanggal 16 Oktober 2009).

Perjuangan SH, seorang perempuan yang tinggal di Jakarta, tak jauh beda. Argumentasi suami bahwa ia hanya minum sekadarnya, tidak mabuk, dan hanya minum untuk menghilangkan kepenatan, ditepis. Permohonan kasasi suami ditolak majelis hakim. Pertimbangan majelis menyebutkan secara jelas penyebab pertengkaran SH dan suaminya.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional