Salah Transfer Uang, Salah Siapa?

Salah Transfer Uang, Salah Siapa?

Kasus salah transfer uang sudah sering terjadi. Ada beragam mekanisme hukum yang ditempuh. Inilah penelusuran Hukumonline tentang penyelesaian kasus yang pernah ditempuh.
Salah Transfer Uang, Salah Siapa?

Bayangkan jika Anda salah menuliskan nomor rekening tujuan di mobile-banking. Seharusnya dikirim ke rekan bisnis, eh malah terkirim ke nomor orang yang tidak Anda kenal? Bagaimana Anda mengembalikan dana tersebut? Upaya hukum apa yang dapat dilakukan? Siapa yang salah dan memikul tanggung jawab atas kesalahan tersebut? Intinya, ada banyak pertanyaan yang dapat diajukan berkaitan dengan peristiwa salah transfer uang.

Persoalan ini belakangan mendapat perhatian banyak orang setelah muncul beberapa kasus salah transfer yang berujung ke pengadilan. Salah satunya adalah gugatan Indah Harini, seorang nasabah prioritas terhadap Bank Rakyat Indonesia. Ia tak hanya menggugat bank pelat merah itu, tetapi juga mengajukan judicial reviewUU No. 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana ke Mahkamah Konstitusi, setelah sebelumnya ia ditetapkan sebagai tersangka.

Belakangan, gugatannya di PN Jakarta Pusat dan uji materi di Mahkamah Konstitusi dicabut. Majelis hakim PN Jakarta Pusat dipimpin Saptono Setiawan memerintahkan panitera mencoret perkara gugatan Indah dari register perkara (penetapan tertanggal 14 Oktober 2021). Mahkamah Konstitusi juga mengabulkan penarikan permohonan uji materi Pasal 85 UU Transfer Dana yang diajukan Indah, pada medio Desember 2021.

Dari kasus salah transfer uang tersebut dapat disimpulkan bahwa aspek hukumnya sangat kaya, beririsan dengan pidana, perbankan, hukum perdata (perbuatan melawan hukum), hukum tata negara, dan perlindungan konsumen. Dari sisi hukum pidana, persoalan yang mengemuka adalah: apakah orang yang menerima transfer uang dapat begitu saja dipidana? Atau, haruskah ada perbuatan menolak mengembalikan uang yang salah transfer agar seseorang dapat dipidana? Jawaban atas pertanyaan ini dapat dilihat dari rumusan UU No. 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana, dan menghubungkannya dengan praktik yang terjadi.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional