Status Harta Direksi dan Komisaris sebagai Jaminan Utang Perusahaan

Bacaan 5 Menit
Status Harta Direksi dan Komisaris sebagai Jaminan Utang Perusahaan
Pertanyaan

Apakah suatu jaminan kebendaan yang telah diikat hak tanggungan dengan nama pribadi masing-masing direksi dan komisaris merupakan harta pribadi guarantor (pihak ketiga) atau tanggung jawab harta pribadi direksi dan komisaris apabila perusahaan tersebut pailit?

Intisari Jawaban
?
?
Kepailitan meliputi seluruh kekayaan Debitor pada saat putusan pernyataan pailit diucapkan serta segala sesuatu yang diperoleh selama kepailitan.
?
Dalam pengertian ini dapat ditangkap bahwa kekayaan Debitor yang telah dinyatakan pailit berada dalam keadaan sita umum yang merupakan harta pailit (boedel pailit). Dalam hal ini apabila perusahaan dan direksi serta komisaris secara bersama-sama dinyatakan pailit, maka seluruh harta kekayaan perusahaan, direksi, komisaris merupakan harta pailit yang wajib dibereskan (dilikuidasi) oleh Kurator.
?
Sedangkan apabila hanya perusahaan yang dinyatakan pailit, maka dapat ditafsirkan bahwa harta direksi dan komisaris yang dijadikan jaminan utang perusahaan secara kebendaan (hak tanggungan) tidak termasuk dalam harta pailit. Sehingga eksekusi terhadap aset direksi dan komisaris dilakukan langsung oleh Kreditor pemegang jaminan kebendaan hak tanggungan (kreditor separatis) (dalam hal ini misalnya bank).
?
Namun bagaimana dalam praktiknya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?