Langkah Jika Identitas Pelapor Pungli Dibocorkan

Bacaan 5 Menit
Langkah Jika Identitas Pelapor Pungli Dibocorkan
Pertanyaan
Saya melaporkan pungutan liar yang dilakukan sebuah SMP di kota Semarang dan laporan saya sudah ditindaklanjuti oleh Diknas setempat. Pada saat rapat paguyuban orang tua, komite sekolah dan pihak sekolah, laporan saya ke Diknas tersebut disampaikan oleh pihak sekolah yang dalam penyampaiannya, identitas saya disampaikan di depan forum, sehingga saya mendapat cercaan dari para anggota paguyuban tersebut. Guru-guru juga ikutan menyampaikan ke para murid bahwa program sekolah dibatalkan karena ada laporan dari orang tua. Karena identitas saya disampaikan, maka anak saya terkena imbasnya (mendapat bully). Dalam laporan saya ke Diknas lewat lapor.go.id, tertulis laporan saya sifatnya rahasia. Apakah saya bisa menuntut pembocor identitas saya tersebut secara hukum?
Intisari Jawaban
Pelapor tindak pidana yang akan, sedang, atau telah terjadi dapat mengajukan permohonan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, baik atas inisiatif sendiri maupun oleh pejabat berwenang.
 
Hal ini agar menghindari penggunaan kekerasan fisik maupun psikologis dalam bentuk teror, kekerasan fisik, intimidasi, dan stigmatisasi agar tidak memberikan keterangan yang memberatkan terlapor.
 
Terhadap bocornya identitas pelapor, maka Anda dapat melakukan aduan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara agar pelanggaran dan oknum terkait segera dapat ditindaklanjuti.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.