Carrefour Digugat Konsumen Parkir
Berita

Carrefour Digugat Konsumen Parkir

MA dalam putusan No 1264/K/PDT/2003 menyatakan sikap pasif pengelola parkir dapat dikualifisir sebagai perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur Pasal 1365 KUHPerdata.

Oleh:
Mon
Bacaan 2 Menit
Carrefour digugat konsumen parkir. foto: Sgp
Carrefour digugat konsumen parkir. foto: Sgp

Sudah berkali-kali klausula baku perparkiran tentang pengalihan tanggung jawab digugat dan dibatalkan pengadilan. Agaknya, hal itu belum dijadikan pelajaran penting bagi pengusaha perparkiran. Klausul itu masih saja tertera di karcis parkir. Hasilnya, konsumen menggugat lagi.

 

Kali ini, gugatan dilayangkan Afifah Dewi terhadap PT Carrefour Indonesia dan PT Jasa Prima Suksesindo (Mandiri Security Services) – pengelola keamanan Carrefour Lebak Bulus. Gugatan dilayangkan lantaran mobil Toyota Kijang grand Extra Long milik Afifah hilang di areal parkit perusahaan retail raksasa itu.

 

Afifah menuntut pertanggungjawaban pada PT Carrefour Indonesia dan Mandiri Security Services agar membayar ganti rugi sebesar Rp68,5 juta sesuai harga mobil dan ganti rugi immaterial sebesar Rp2 miliar.

 

Melalui kuasa hukumnya dari Adams & Co, Afifah mendaftarkan gugatan itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 20 Mei 2010 lalu. Gugatan itu teregister No 381/Pdt.G/2010/PN.JKT.SEL. Belum jelas kapan persidangan perkara ini akan digelar.

 

Direktur Corporate Affairs PT Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman menyatakan belum mengetahui perihal gugatan tersebut. “Kami belum bisa menanggapi lebih jauh yang pasti kami akan ikuti proses hukum yang berlaku,” ujar Irawan saat dihubungi melalui telepon, Jumat (21/5).

 

Dalam gugatan diuraikan peristiwa itu terjadi pada 20 Desember 2008. Usai berbelanja, Afifah dan suaminya bergegas menuju pelataran parkir. Berniat pulang. Namun ternyata, mobilnya raib. Padahal kunci, STNK dan karcis parkir masih di tangan Afifah. Afifah lalu melaporkan kejadian itu ke petugas keamanan. Kemudian, Afifah dan petugas mencari mobil tersebut di areal parkir. Namun hasilnya tetap nihil.

Tags: