Nama-Nama Tenar di Bidang Hukum Ini Pernah Bekerja di Kantor OCK
Berita

Nama-Nama Tenar di Bidang Hukum Ini Pernah Bekerja di Kantor OCK

Dari Hamdan Zoelva hingga Prof. Hikmahanto Juwana.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Arah jarum jam: Amir Syamsuddin, Hamdan Zoelva, Hikmahanto Juwana, Palmer Situmorang, Hotman Paris, dan Juniver Girsang. Foto: RES
Arah jarum jam: Amir Syamsuddin, Hamdan Zoelva, Hikmahanto Juwana, Palmer Situmorang, Hotman Paris, dan Juniver Girsang. Foto: RES

Karier Otto Cornelis Kaligis (OCK) sebagai advokat mungkin sedang terancam pasca berstatus tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, “jasanya” bagi sebagian orang tentu tak bisa dilupakan, terutama bagi mereka yang pernah merajut karier hukum di Kantor Hukum OC Kaligis & Associates.

Berkarier di dunia advokat selama 50 tahun, OCK telah mendidik banyak lulusan sarjana hukum yang bercita-cita menjadi pengacara seperti dirinya. Setidaknya melalui kantor Otto C Kaligis & Associates yang ia dirikan sejak tahun 1977 tersebut, banyak nama yang kini menjadi pesohor di negeri ini.

Hukumonline berhasil menghimpun beberapa nama tersebut. Tak hanya pengacara, guru besar hingga mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) pun pernah digembleng di kantor yang kini beralamat di Petojo Selatan, Jakarta Pusat.

Berikut nama-nama mereka:

1. Amir Syamsuddin

Jauh sebelum terpilih sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Amir Syamsuddin yang berlatar belakang profesi pengacara memulai kariernya dengan menjadi staf magang di kantor OCK pada tahun 1979. Sambil menjalankan studi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Amir banyak menimba ilmu dari senior-seniornya saat menjalani masa magang di kantor tersebut.

Disampaikan Amir dalam buku berjudul Terminal Hukum O. C. Kaligis, kesuksesannya diawali dari pengalamannya bekerja di kantor OCK. “Pengalaman di Kantor Pengacara O.C. Kaligis telah menjadi modal dasar sederetan pengacara sukses saat ini,” tuturnya.

2. Hamdan Zoelva

Siapa tak kenal Hamdan Zoelva? Pria yang pernah menjadi orang nomor satu di Mahkamah Konstitusi ini banyak mendapat sorotan media khususnya saat memeriksa dan mengadili sengketa Pilpres tahun lalu. Ternyata, ia pun adalah mantan “murid” OCK.

Hamdan bekerja di kantor OCK sejak tahun 1987 sampai 1990. Itu lah tempat pertamanya berpraktik selepas mendapat gelar sarjana hukum dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Di sana, ia khusus menangani bidang-bidang non litigasi, pembuatan kontrak dan perjanjian-perjanjian dagang, juga perburuhan.

Tags:

Berita Terkait