Aktual

Ini Dia Materi Penting RUU Advokat

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Hasil polling
Hasil polling "Materi apa yang harus diperjelas dalam RUU Advokat"

DPR tengah membahas RUU Advokat. Diproyeksikan menggantikan UU No 18 Tahun 2003 tentang Advokat, RUU ini tentunya dinanti oleh kalangan advokat. Sebagian kalangan berharap RUU Advokat dapat menjadi formula penyelesaian yang tepat atas sejumlah permasalahan di dunia advokat Indonesia.

Terkait pembahasan RUU Advokat, hukumonline sebagai media yang fokus pada bidang hukum dan menjadikan isu advokat sebagai materi pemberitaan utama, menggelar polling. Tujuannya, untuk menjaring persepsi publik seputar RUU Advokat. Pertanyaan polling yang kami ajukan adalah “Materi apa yang harus diperjelas dalam RUU Advokat?”

Untuk daftar jawaban, kami mengajukan beberapa materi yang berdasarkan pemberitaan hukumonline seringkali menjadi bahan perdebatan. Materi-materi tersebut adalah Advokat Asing; Kedudukan/Status Profesi Advokat; Organisasi Advokat; Pendidikan, Ujian dan Magang Advokat; Pengawasan dan Penindakan Advokat; dan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Advokat.

Resmi dibuka sejak bulan Februari 2012, polling tentang RUU Advokat berhasil menjaring pemilih sebanyak 1117 dengan nilai presentase yang relatif seimbang untuk masing-masing pilihan jawaban. Persentase pemilih tertinggi jatuh pada pilihan jawaban “Organisasi Advokat” dan “Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Advokat”, yakni masing-masing 24 persen.

Tags: