Ini Tarif Honorarium Saksi Ahli dan Beracara dari Pemerintah tahun 2023
Terbaru

Ini Tarif Honorarium Saksi Ahli dan Beracara dari Pemerintah tahun 2023

Diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan yang diperbarui tiap tahun.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Saksi Ahli Psikologi UI Dewi Taviana saat memberi keterangan terkait kasus kematian Mirna Wayan Salihin dalam di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat beberapa tahun lalu. Foto Ilustrasi: RES
Saksi Ahli Psikologi UI Dewi Taviana saat memberi keterangan terkait kasus kematian Mirna Wayan Salihin dalam di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat beberapa tahun lalu. Foto Ilustrasi: RES

Tidak ada standar tarif honorarium bagi ahli yang diminta keterangan atas permintaan advokat atau kliennya. Namun, pemerintah punya standar soal tarif honorarium pemberi keterangan ahli/saksi ahli. Besaran tarif saat ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK. 02/2022 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.

Hukumonline mencatat sejumlah undang-undang yang mengatur keterangan ahli atau saksi ahli dalam perkara perdata atau pidana di pengadilan negeri, dalam perkara perdata tertentu di pengadilan agama, pemeriksan sengketa di pengadilan tata usaha negara, termasuk pemeriksaan sengketa bisnis di arbitrase. Perlu dicatat, keterangan atau kehadiran saksi ahli tidak bersifat wajib. Keterangan darinya pun tidak pasti dipertimbangkan hakim dalam memutus perkara.

Istilah ‘saksi ahli’ dikenal dari teori hukum Barat yang diadaptasi oleh Indonesia melalui warisan kolonial Belanda serta pengembangannya hingga sekarang. Penelurusan hukumonline pada Black’s Law Dictionary edisi 9 mencatat lema expert witness bahkan expert-witness fee. Expert witness dijelaskan sebgai A witness qualified by knowledge, skill, experience, training, or education to provide a scientific, technical, or other specialized opinion about the evidence or a fact issue (saksi yang berkualifikasi atas dasar pengetahuan, keterampilan, pengalaman, pelatihan, atau pendidikan untuk menyajikan pendapat secara ilmiah, teknis, atau kekhususan lainnya terkait bukti atau suatu fakta).

Baca Juga:

Di lema lainnya tercantum penjelasan expert-witness fee sebagai A fee paid for the professional services of an expert witness. Tampak bahwa keterangan ‘saksi ahli’ dalam kepentingan peradilan memang diakui sebagai jasa profesional. Definisi expert witness berbeda dengan witness meski menyandang kata yang sama dalam istilahnya. Tertera bahwa yang dimaksud witness ialah 1. One who sees, knows, or vouches for something; 2. One who gives testimony under oath or affirmation (1) in person, (2) by oral or written deposition, or (3) by affidavit. Meski istilah saksi ahli masih menjadi perdebatan, tampaknya istilah ini hasil terjemahan harfiah dari istilah dalam tradisi hukum Barat.

Nah, berikut ini adalah penjelasan dan tarif honorarium bagi keterangan ahli yang diminta oleh pemerintah melalui lembaga-lembaga di bawahnya. Hukumonline mengacu Lampiran II dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK. 02/2022 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.

1. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli

Honorarium diberikan kepada Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/ Anggota Polri/TNI yang diberi tugas menghadiri dan memberikan informasi/keterangan sesuai dengan keahlian di bidang tugasnya yang diperlukan dalam tingkat penyidikan dan/ atau persidangan di pengadilan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait