KY Ingatkan Pimpinan Pengadilan Harus Beri Teladan yang Baik
Berita

KY Ingatkan Pimpinan Pengadilan Harus Beri Teladan yang Baik

Sebagai langkah pencegahan, KY telah mencoba bersinergi dengan pimpinan pengadilan untuk berkomitmen bersama dalam upaya memegang teguh penerapan KEPPH.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS

Juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi menuturkan pembinaan pimpinan pengadilan terhadap hakim-hakim harus diimbangi dengan keteladanan untuk menampilkan kemuliaan profesi hakim.


"Pimpinan pengadilan harus jadi role model atau teladan bagi bawahannya. Untuk menumbuhkan integritas, maka pimpinan pengadilan juga harus memberi teladan yang baik," ujar Farid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (3/11/2017).  


Pernyataan ini menanggapi maraknya operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap aparat pengadilan yang terlibat dalam kasus suap dan korupsi.


"Hindarilah perbuatan yang dapat menyebabkan pelanggaran kode etik, karena sebagai hakim sudah semestinya kewibawaan dan keluhuran martabat harus dijaga," ujar Farid mengingatkan.


KY melihat tindak pidana korupsi sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan menjadi salah satu kecurangan terbesar dalam kehidupan bangsa.


"Karena itu, KY mengajak untuk sama-sama menjauhi korupsi, dengan menjadikan pengadilan bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Sikap ini dengan sendirinya akan mengembalikan kepercayaan publik, sehingga peradilan bersih dan agung akan terwujud," kata Farid.


Dia melanjutkan maraknya OTT KPK terhadap aparat pengadilan dalam tiga bulan terakhir ini dinilai KY sebagai bentuk tamparan bagi dunia peradilan, sehingga KY merasa penting untuk bekerja sama dengan pimpinan pengadilan.

Tags:

Berita Terkait