Mari Menakar Keseriusan Parpol Terkait Agenda Hukum
Info

Mari Menakar Keseriusan Parpol Terkait Agenda Hukum

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Mari Menakar Keseriusan Parpol Terkait Agenda Hukum
Hukumonline
Hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 semakin dekat. Sesuai agenda yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), 12 partai politik (parpol), minus parpol lokal di Aceh, kontestan Pemilu 2014 telah menggunakan kesempatannya untuk berkampanye. Lazimnya, acara kampanye pasti dibanjiri dengan janji-janji yang dilafalkan para juru kampanye parpol.

Dari ratusan atau bahkan ribuan janji yang diusung masing-masing parpol, janji di sektor hukum selalu menarik untuk dibahas. Terkait hal ini, tiga institusi, Komisi Hukum Nasional (KHN), Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI), dan hukumonline bersepakat untuk menjalin kerjasama dengan tajuk “Kegiatan Analisis Program Hukum Partai Politik 2014-2019”.

Setelah diawali dengan memaparkan calon legislatif (caleg) yang berlatar belakang pendidikan hukum, kini KHN, ILUNI FHUI, dan hukumonline akan menyajikan informasi seputar program hukum yang telah dirancang parpol-parpol kontestan Pemilu 2014.

Informasi yang akan disajikan nanti merupakan hasil dari rangkaian kegiatan riset yang meliputi metode wawancara, pengumpulan bahan tertulis maupun riset internet. Dinamika yang terjadi di lapangan ketika proses pengumpulan informasi menunjukkan bahwa respon satu atau beberapa parpol berbeda dengan parpol lainnya.

Adakalanya, satu parpol memperlihatkan respon positif dengan menyediakan kesempatan wawancara sekaligus akses ke dokumen-dokumen internal. Namun, adakalanya juga satu parpol memperlihatkan respon yang kurang bagus dengan berbagai dalih.

Dengan segala kendala dan tantangan yang dihadapi, tim KHN, ILUNI FHUI, dan hukumonline akhirnya berhasil membuat resume program hukum masing-masing parpol. Kesimpulannya, kami melihat secara mayoritas parpol-parpol terkesan tidak serius dalam menyusun program hukum mereka. Berbeda dengan Pemilu 2009 harus diakui memang pengumpulan informasi program hukum parpol untuk Pemilu 2014 tidak mudah.

Dalam rangka membekali para pemilih dengan informasi yang cukup, sebelum mereka memasuki bilik suara dan menetapkan pilihannya, KHN-ILUNI FHUI-hukumonline akan menggelar acara konferensi pers dengan tema Menakar Keseriusan Parpol Terhadap Agenda Reformasi Hukum 2014-2019.

Sebagai bahan referensi konferensi pers, terlampir dokumen “Resume Program Hukum Parpol 2014” (unduh di sini) dan “Matriks Program Hukum Parpol 2014” (unduh di sini).
Tags: