Mengenal Asas Pacta Sunt Servanda
Terbaru

Mengenal Asas Pacta Sunt Servanda

Jika tidak ada asas pacta sunt servanda maka dalam penyelesaian sengketa tentang perjanjian akan mengalami kesulitan bahkan sia-sia.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Mengenal Asas Pacta Sunt Servanda
Hukumonline

Asas pacta sunt servanda merupakan salah satu asas yang terdapat di dalam sebuah perjanjian. Dari berbagai asas yang ada di dalam perjanjian, asas pacta sunt servanda dianggap sebagai asas paling fundamental karena melandasi lahirnya sebuah perjanjian.

Asas pacta sunt servanda berasal dari Bahasa Latin yang maknanya adalah harus ditepati, sehingga dalam hukum positif rumusan normanya berarti setiap perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.

Dalam hal perjanjian, asas pacta sunt servanda dapat ditemukan dalam Pasal 1388 KUHPerdata. Adapun sebuah perjanjian baru dapat dikatakan sah apabila memenuhi syarat di dalam Pasal 1320 KUHPerdata yaitu kesepakatan para pihak, kecakapan hukum para pihak, objek yang diperjanjikan, dan sebab yang halal.

Baca Juga:

Perjanjian sewa menyewa yang baik adalah perjanjian sewa menyewa yang merupakan kesepakatan yang sifatnya timbal balik dari pihak yang menyewa memberikan penyerahan kepada pihak penyewa yang berkewajiban membayar harga sewa tertentu.

Kemudian pihak yang menyewa ini berhak untuk menyerahkan sesuatu barang kepada penyewa untuk sepenuhnya dinikmati tidak untuk dimiliki oleh pihak penyewa, lalu kegunaan suatu barang ini hanya berlangsung untuk jangka waktu tertentu dengan pembayaran yang harganya telah ditetapkan bersama.

Pada dasarnya asas pacta sunt servanda berkaitan dengan kontrak atau perjanjian yang dilakukan di antara para individu, yang di dalamnya mengandung bahwa:

Tags:

Berita Terkait