Mengenal Borgol dan Sejarahnya

Mengenal Borgol dan Sejarahnya

Borgol digunakan untuk memudahkan penegak hukum dalam menangkap seseorang yang diduga melakukan tindak pidana, awalnya borgol yang digunakan membuat seseorang sama sekali sulit bergerak namun kemudian penggunaan borgol makin lama makin manusiawi.
Mengenal Borgol dan Sejarahnya
Ilustrasi borgol. Foto: pexels.com

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto sampai harus meminta maaf kepada masyarakat, hal ini disebabkan ulah dari Mario Dandy, tersangka (saat ini sudah menjadi terdakwa) kasus penganiayaan yang kedapatan memasang sendiri kabel ties yang dijadikan borgol ke tangannya. Kapolda pun berjanji akan mengusut hal ini dan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut akan diperiksa oleh Propam Polri.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, momen Mario Dandy memasang borgol kabel ties yang terekam dalam video adalah murni kehendak yang bersangkutan. Padahal pemasangan borgol kabel ties adalah tugas dari pihak penyidik.

Sebagai tersangka, kata Trunoyudo, tak seharusnya Mario berinisiatif untuk memasang kabel ties, terlebih ia saat itu belum mengenakan baju tahanan. "Sekali lagi, belum waktunya. Dia juga harus pakai baju oranye dulu kan," tegas dia.

Di lain sisi, Trunoyudo membantah adanya kamera menjadi alasan Mario berinisiatif memasang kabel ties. Mario disebut sudah mengetahui keberadaan kamera sejak awal, tetapi tidak langsung menggunakan kabel ties. "Banyak yang mengatakan, Mario menggunakan (kabel ties) sendiri akibat adanya kamera. Tapi jauh sebelumnya dia sudah sadar kamera dan tidak langsung menggunakan. Ya tiba-tiba saja," kata Trunoyudo.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional