MK Nomor Wahid Indeks Keterbukaan Badan Publik
Aktual

MK Nomor Wahid Indeks Keterbukaan Badan Publik

Oleh:
FNH
Bacaan 2 Menit
MK Nomor Wahid Indeks Keterbukaan Badan Publik
Hukumonline

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) melakukan kajian untuk mengukur keterbukaan informasi Anggaran Berbasis Website. Dari 47 lembaga negara yang dikaji oleh Fitra, Mahkamah Konstitusi menduduki peringkat teratas sebagai lembaga negara yang menyediakan informasi anggaran secara berkala melalui website. "MK teratas dengan skor 75," kata Koordinator Advokasi Fitra, Muhammad Maulana dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (13/3).

Sementara itu, untuk kategori Kementerian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan Nasional menempati urutan teratas dalam menyediakan informasi anggaran secara berkala dengan skor 100. Dan untuk kategori Pemerintah Provinsi, urutan pertama ditempati oleh Provinsi Sumatera Selatan dengan skor 72.

Maulana menjelaskan, proses pengumpulan data dilaksanakan dengan menelusuri setiap website resmi Badan Publik pada periode pertama Oktober-Desember 2012 dan dilanjutkan periode kedua pada Januari 2013. Periode kedua merupakan periode pengecekan ulang jika terdapat perubahan ketersediaan informasi anggaran pada website resmi Badan Publik.

Tags: