Pentingnya Penulisan Jurnal Internasional untuk Mahasiswa dan Dosen
Terbaru

Pentingnya Penulisan Jurnal Internasional untuk Mahasiswa dan Dosen

Penulisan dan publikasi dalam jurnal internasional menjadi penting untuk sharing hasil riset serta mengurangi kesenjangan informasi dan pengetahuan akademik antara global north dan global south. Melalui penulisan di jurnal internasional maka rekam jejak seorang peneliti dan dosen akan diperkuat. Selain itu reputasi akademik dan rekognisi di level global akan semakin mumpuni.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Publikasi di jurnal internasional sangat penting untuk karir peneliti dan dosen di Fakultas Hukum di Indonesia. Pasal 4 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2017 mengharuskan dosen Lektor Kepala dan Profesor untuk mempublikasikan karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional maupun jurnal internasional bereputasi. Mahasiswa tingkat akhir juga diwajibkan mempublikasikan skripsi, tesis, atau disertasi dalam bentuk artikel jurnal. Surat Edaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor: B/323/B.B1/SE/2019 juga mengatur bahwa mahasiswa/i magister dan doktoral harus meningkatkan publikasi karya ilmiah pada skala nasional dan internasional.

Untuk mencapai tujuan ini, dosen dan mahasiswa/i memerlukan peningkatan skill-set, dan strategi terkait penulisan dan publikasi artikel ilmiah yang tembus dalam jurnal internasional. Program University Solutions dari Hukumonline bertujuan untuk mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyediakan akses untuk pusat data maupun program pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan dari program ini adalah Webinar: Peningkatan Kapasitas: Menembus Jurnal Internasional selama dua hari untuk gratis khusus dosen dan mahasiswa.

Hari pertama webinar diisi oleh Dr. phil. Farah Purwaningrum, S.H., LL.M., yang membahas materi mengenai ‘Pengantar dan Persiapan: Menulis Manuskrip untuk Publikasi di Jurnal Internasional’ dan ‘Elemen-Elemen dan Proses dalam Penulisan dan Publikasi di Jurnal Internasional’. Farah memberikan 7 tips dari pengalaman pribadinya sebagai reviewer dan penulis jurnal internasional. Dia juga mengingatkan untuk menjauhi jurnal-jurnal predator yang kredibilitasnya tidak terjamin.

Hukumonline.com

Hari kedua diisi oleh Sinatrya Primandhana, S.H., M.H., mengenai ‘Penulisan Literature Review dan Metode Riset dalam Artikel/Manuskrip’. Di dalam dunia penelitian, khususnya pembuatan karya ilmiah tidak dapat lepas dari literature review. Melalui literature review, seorang peneliti bisa memperoleh informasi serta data valid yang dapat dipertanggungjawabkan dan menjadi rujukan untuk membuat karya tulis ilmiah. Proses riset tidak akan maksimal jika penulisan literature review dilakukan dengan tidak tepat. Untuk itu, Sinatrya memberikan tips agar proses legal riset yang dilakukan dapat maksimal dengan penulisan yang baik. Sesi terakhir di hari kedua diisi oleh Normand Edwin Elnizar, S.H., M.Hum., dengan topik ‘Berbagi kiat dan Membangun Pemahaman: Meningkatkan Keterbacaan Artikel Setelah Publikasi’. Edwin memaparkan publikasi mengenai artikel yang sudah tembus menjadi tidak kalah penting bagi peneliti untuk melebarkan sayapnya di dunia akademis. Ia pun menjelaskan betapa sitasi menjadi penting guna memungkinkan peneliti memverifikasi data yang didapat agar tulisan dapat dipertanggungjawabkan.

Penulisan dan publikasi dalam jurnal internasional menjadi penting untuk sharing hasil riset serta mengurangi kesenjangan informasi dan pengetahuan akademik antara global north dan global south. Melalui penulisan di jurnal internasional maka rekam jejak seorang peneliti dan dosen akan diperkuat. Selain itu reputasi akademik dan rekognisi di level global akan semakin mumpuni. Dengan publikasi di jurnal internasional elemen scientific impact atas karya ilmiah akan terpenuhi, dan akses kolaborasi internasional untuk penulisan dan penelitian akan terbuka. Pemaparan narasumber diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas dalam penulisan artikel ilmiah sehingga dosen-dosen dan mahasiswa/i dapat tembus dalam jurnal internasional untuk publikasi internasional serta memberikan pelatihan kepada dosen-dosen dan mahasiswa/i mengenai strategi penulisan dan publikasi artikel ilmiah. Serta meningkatkan kualitas karya ilmiah karena pada dasarnya terdapat tingkatan kualitas jurnal berdasarkan perhitungan jumlah sitasi ataupun impact factor suatu jurnal internasional. 

University Solution adalah program khusus dari Hukumonline yang dibuat untuk membantu mencapai Tridharma Perguruan Tinggi lewat akses pusat data, analisis hukum, maupun publikasi kampus dan pengabdian masyarakat.

Ingin mengadakan bimbingan penulisan jurnal internasional untuk mahasiswa maupun dosen untuk Universitas Anda? Segera bergabung menjadi mitra dari University Solution Hukumonline dengan email [email protected].

Tags: