Polda Pasok Ribuan Material SIM
Aktual

Polda Pasok Ribuan Material SIM

ANT
Bacaan 2 Menit
Polda Pasok Ribuan Material SIM
Hukumonline

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah memasok sekitar 22 ribu material SIM ke seluruh polres di provinsi ini untuk mengatasi sejumlah kelangkaan yang terjadi. "Pemegang SIM sementara sudah bisa mengambil SIM yang asli," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Istu Hari Winarto di Semarang, Senin (23/9).

Menurut dia, pasokan tersebut diharapkan dapat memenuhi kekurangan material SIM yang terjadi sepekan terakhir. Ia menuturkan penukaran SIM sementara dilakukan di masing-masing Polres tempat pemohon membuat surat izin tersebut. "Penukaran gratis, tidak dipungut biaya," katanya.

Sebelumnya, Persediaan material Surat Izin Mengemudi yang kosong sejak beberapa waktu terakhir terjadi di semua daerah, kata Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Hamka Mappaita. "Sebenarnya terjadi secara nasional," ujarnya.

Namun, lanjut dia, tidak seluruhnya material SIM tersebut habis total. Ia menuturkan masih ada persediaan material SIM, namun hanya diperuntukkan bagi pengendara kendaraan bermotor yang melakukan perpanjangan. "Diprioritaskan untuk yang perpanjangan SIM, kalau untuk SIM baru sementara belum diberi karena memang material belum dipasok dari pusat," katanya.

Menurut dia, bagi pemohon SIM baru tetap mengikuti prosedur pembuatan seperti biasa.

Tags: