Foto Essay

Potret Aksi Dukung Palestina

Aparat kepolisian kerap mengingatkan massa aksi untuk menjaga protokol kesehatan.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Serangan rudal yang dilancarkan militer Israel terhadap waga sipil Palestina memicu kemarahan dari belahan dunia. Bahkan, aksi dukungan bagi Palestina tak hanya terjadi di negara-negara Asia, sejumlah wilayah di Amerika Serikat turut berlangsung aksi solidaritas.

Hukumonline.com

Di Indonesia ini, sejumlah masyarakat yang tergabung dari berbagai aliansi menggelar aksi solidaritas mendukung Palestina di dua tempat berbeda.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Mulai pagi hari, Selasa (18/5), aksi berawal di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta Pusat, yang kemudian pindah pada siang harinya ke Kantor Perwakilan PBB untuk Indonesia di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Sambil membawa bendera Palestina dan spanduk bertuliskan 'al-Aqsa Solidarity', para peserta aksi mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mendukung dan membantu Palestina atas serangan yang dilancarkan Israel.

Hukumonline.com

Ratusan massa aksi yang menggelar orasi di seberang Kedubes Amerika Serikat mengecam sikap Amerika yang memblokir pertemuan Dewan Keamanan PBB dalam pembahasan masalah Palestina.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

“Karena itu kami mendukung langkah Pemerintah Indonesia yang mendesak PBB turun tangan menyelesaikan konflik ini,” tegas salah satu perwakilan massa aksi.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Bagi Indonesia, lanjut massa aksi, Palestina sangat istimewa, karena Palestina adalah negara pertama yang mendukung kemerdekaan Indonesia. “Maka apa yang dilakukan oleh Israel dapat dikategorikan kejahatan genosida dan harus diberi tindakan tegas,” katanya.

Tags: