Presiden Pastikan Indonesia Siap Masuki AEC 2015
Aktual

Presiden Pastikan Indonesia Siap Masuki AEC 2015

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Presiden Pastikan Indonesia Siap Masuki AEC 2015
Hukumonline

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan memastikan kesiapan Indonesia guna menyongsong Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC) pada 2015 nanti. "Jangan sampai mengeluh tidak siap, tidak siap. Berhenti untuk mengatakan tidak siap apalagi mengeluh, let's do something together," katanya dalam konferensi pers di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Jumat (26/4).

Presiden menyatakan segera membentuk komite guna memastikan kesiapan Indonesia menyongsong Komunitas Ekonomi ASEAN pada 2015. SBY telah menugaskan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa untuk membentuk komite tersebut. Keanggotaan komite dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja dan para pakar.

Komite akan mengindentifikasi sektor-sektor industri dalam menyongsong komunitas ekonomi ASEAN. Diharapkan dalam 2,5 tahun dapat diperbaiki hal-hal yang dinilai kurang. 

Presiden menyakini, Komunitas Ekonomi ASEAN akan meningkatkan perekonomian di kawasan. Integrasi ekonomi tersebut juga akan meningkatkan mobilitas modal, manusia serta barang dan jasa di kawasan. 

Presiden mengatakan Indonesia harus dapat memetik keuntungan yang lebih baik dari integrasi ekonomi tersebut. "Indonesia tidak boleh menjadi 'the looser' (pecundang), kita harus menjadi 'the winner' (pemenang)," katanya.

Tags: