Mega Terkaya, Amien Termiskin
Jeda

Mega Terkaya, Amien Termiskin

Soal pamor dan ketenaran, nama Amien Rais tidak kalah dengan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Sukarnoputri, atau Akbar Tandjung. Tiada hari tanpa pemberitaan keempat tokoh nasional ini. Sayangnya, tidak ada keakuran di antara mereka. Soal kekayaan, siapa dari keempatnya yang paling kaya dan paling miskin?

Oleh:
APr
Bacaan 2 Menit
Mega Terkaya, Amien Termiskin
Hukumonline

Kalau dibandingkan dengan kebanyakan rakyat Indonesia, jelas kekayaan empat tokoh ini jauh di atas rata-rata. Lalu dari mana mereka menambah pundi-pundi hartanya? Yang jelas, mereka bukan OKB alias Orang Kaya Baru. Maklum, sebelum menjadi pejabat negara, para tokoh ini sudah menjadi menteri atau tokoh masyarakat.

Berdasarkan berbagai poling, Megawati hampir selalu menduduki peringkat pertama tokoh paling ngetop. Kalau adu kekayaan, siapa paling jawara? Berdasar pengumuman harta kekayaan pejabat yang diumumkan oleh Komisi Pemeriksa Kekayaan Pejabat Negara (KPKPN), ternyata dari empat tokoh itu Mega terkaya, disusul Akbar, Gus Dur, dan paling buncit adalah Amien.

Total jendral harta bersih Wakil Presiden Megawati hampir Rp60 miliar, persisnya Rp59.809.315.484. Mega dan suaminya Taufik Kiemas memiliki usaha 8 SPBU dan lain-lain senilai Rp32 miliar. Kekayaan yang juga berasal dari usaha sendiri meliputi 14 bidang tanah senilai Rp24,309 miliar dan dan 22 mobil senilai Rp1,553 miliar. Entah, siapa saja yang akan memakai mobil sebanyak ini.

Anehnya,  mobil VW tipe 2001 New Beetle warna biru tua seharga Rp450 juta yang sering dikendarai sendiri oleh Mega malah tidak ikut dicatat. Selain itu, kekayaan Ketua Umum PDIP lainnya berupa barang antik dan logam mulia senilai Rp777,5 juta dan surat berharga.

Kekayaan Ketua DPR Akbar Tandjung kira-kira separonya Mega, tepatnya Rp32,441 miliar. Selain dari surat berharga (Rp12 miliar) dan giro (Rp8 miliar), sumber kekayaan Akbar terbesar dari tanah dan bangunan senilai Rp10,6 miliar. Akbar memiliki 8 lokasi tanah dan bangunan di Jakarta dan Solo seluas 9.469 m2.

Boleh jadi atau kalau mau, Akbar bisa memiliki kavling tanah lebih banyak dan lebih luas. Pasalnya ketika dulu menjadi Menpera, Akbar sangat rajin meresmikan berbagai proyek perumahan baru. Namun gara-gara urusan tanah di Srengseng, Jakarta Barat, Akbar digugat saudara kandungnya. Akbar juga memiliki 4 mobil dan 3 motor, termasuk sebuah BMW.

Jauh di bawah Mega dan Akbar, Presiden Abdurrahman Wahid memiliki kekayaan  Rp3.495.720.043.  Kekayaan Wahid ini berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp658,6 juta, 5 mobil senilai Rp314 juta, serta surat berharga, giro dan kas.

Halaman Selanjutnya:
Tags: