Senin, 03 December 2012

Kejagung Verzet atas Putusan Praperadilan Chevron

MA sepakat hakim praperadilan tidak berwenang menguji sah tidaknya penetapan tersangka.
NOVRIEZA RAHMI
Maqdir Ismail pengacara Bachtiar Abdul Fatah. Foto: Sgp


Kejagung tidak tinggal diam atas putusan praperadilan salah seorang tersangka korupsi proyek bioremediasi PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Bachtiar Abdul Fatah. Dalam putusan itu, selain menyatakan penahanan tidak sah, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga menyatakan penetapan tersangka Bachtiar tidak sah.


Penyidik dianggap tidak dapat menunjukkan bukti yang cukup sebagai dasar penetapan tersangka. Meski putusan praperadilan telah dijalankan dengan membebaskan para tersangka kasus Chevron, Kejagung sedang mempelajari salinan putusan untuk melihat pertimbangan hakim mengenai penetapan tersangka yang tidak sah.


Jaksa Agung Basrief Arief berpendapat praperadilan tidak dapat digunakan untuk menguji sah tidaknya penetapan tersangka. Putusan praperadilan dinilai telah memasuki kewenangan penyidik dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka. Penetapan tersangka bukan merupakan kewenangan praperadilan.


Senada, Wakil Jaksa Agung Darmono juga mengatakan praperadilan tidak berwenang menguji sah tidaknya penetapan tersangka. Kejagung sedang mengevaluasi pertimbangan hakim. “Barangkali itu yang akan dipakai alasan untuk melakukan upaya perlawanan hukum atau verzet,” katanya, Senin (3/12).


Atas rencana pengajuan verzet, pengacara Bachtiar, Maqdir Ismail mempertanyakan dasar yang digunakan Kejagung. “Apa dasarnya? Dalam praperadilan tidak ada aturannya untuk verzet. Memangnya perkara perdata? Kecuali kalau mereka menganggap ini adalah perkara perdata, ya silakan. Aneh-aneh saja,” ujarnya.


Secara umum istilah verzet diartikan sebagai upaya perlawanan terhadap putusan. Verzet termasuk kategori upaya hukum biasa yang sifatnya menghentikan pelaksanaan putusan untuk sementara. Namun, verzet lazimnya digunakan dalam hukum acara perdata. Verzet merupakan suatu upaya hukum terhadap putusan verstek.


Maqdir meminta Kejagung tidak semata mementingkan gengsi dan ego sektoral. Putusan praperadilan Bachtiar adalah putusan final yang harus dilaksanakan Kejagung. Bagaimanapun, pengadilan telah menyatakan penetapan tersangka Bachtiar tidak sah karena penyidik tidak mampu menunjukkan bukti permulaan yang cukup.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua