Hamdan Bertekad Terus Jaga Kewibawaan MK
Berita

Hamdan Bertekad Terus Jaga Kewibawaan MK

Hamdan Zoelva akan menjadi Wakil Ketua MK hingga tahun 2016.

Oleh:
ASH
Bacaan 2 Menit
Hamdan Zoelva saat sumpah jabatan Wakil Ketua MK. Foto: SGP
Hamdan Zoelva saat sumpah jabatan Wakil Ketua MK. Foto: SGP

MK menggelar sidang pleno khusus pengucapan sumpah Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva sebagai Wakil Ketua MK di Gedung MK. Pengucapan sumpah ini dilakukan setelah Hamdan Zoelva terpilih sebagai wakil ketua MK dalam pemilihan yang digelar, Selasa (20/8) kemarin.   

Dengan demikian Hamdan Zoelva resmi menjabat posisi Wakil Ketua MK periode 2013-2016 mendampingi Ketua MK, M. Akil Mochtar untuk masa jabatan 2 tahun dan 6 bulan. 

”Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya dan seluruh hakim konstitusi mengucapkan selamat kepada Hakim Konstitusi, Hamdan Zoelva yang telah mengucapkan sumpah jabatan Wakil Ketua MK,” kata Ketua MK, Akil Mochtar saat memimpin sidang pleno khusus di Gedung MK, Kamis (22/8).

Terlihat sejumlah politisi menghadiri pengucapan sumpah jabatan Wakil Ketua MK ini, seperti Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin, Hajriyanto Tohari, Ketua DPD Irman Gusman, mantan Ketua MK Moh Mahfud MD, Wakil Ketua KY Abbas Said.

Dalam sambutannya, Akil berharap koleganya ini dapat menjalankan tugasnya sebagai wakil ketua dengan sebaik-baiknya sesuai amanat konstitusi. “Kami berharap Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva dapat menjalankan amanat itu dengan sebaik-baiknya, penuh pengabdian dan tanggung jawab, serta membawa manfaat,” harap Akil.    

Ditegaskan Akil, pemilihan ketua dan wakil ketua merupakan hal rutin, layaknya persidangan yang dilakukan setiap hari. Namun demikian, setiap kali proses pemilihan selalu mengedapankan demokratisasi tanpa adanya lobi-lobi, tanpa diarah-arahkan untuk memilih kandidat tertentu.

”Hal itu pula yang kembali kita jumpai dari terpilihnya Hamdan sebagai wakil ketua MK pada hari Selasa kemarin,” kata Akil. 

Tags: