Jumat, 23 August 2013

Profesor Indonesia dalam Pembukaan Rechtshogeschool

Sejarah pendidikan hukum di Indonesia sering merujuk pada pendirian Rechtshogeschool di Batavia pada 28 Oktober 1924.
MYS


Menelusuri jejak pendirian Sekolah Tinggi Hukum Batavia secara detail bukan perkara mudah. Tidak banyak referensi yang menceritakan saat-saat pendirian Rechtshogeschool (RHS) tersebut yang masih bisa diakses. Salah satu bukti yang bisa dilihat adalah foto hitam putih koleksi Tropenmuseum.


Sebuah foto memperlihatkan 10 orang pria, tiga diantaranya duduk. Di bawah foto tertulis dalam Bahasa Belanda: Aangeboden aan Zijne Excellentie den Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie ter geleenheid van de opening der Rechtshogeschool te Batavia. Kira-kira berarti foto ini dipersembahkan untuk Gubernur Jenderal Hindia Belanda dalam pembukaan Sekolah Tinggi Hukum Batavia.


Dalam caption foto juga tertulis keterangan salah seorang tokoh yang duduk adalah Prof. Hoesein Djajadiningrat. Dari nama dan wajah, Prof. Hoesein adalah satu-satunya orang non-Eropa. Tapi siapakah Hoesein yang ada dalam foto pembukaan HRS?


Nama Hoesein Djajadiningrat sering dikaitkan dengan hasil Politik Etis, yakni kebijakan Belanda membuka peluang sekolah bagi warga pribumi. Dalam buku ‘Jakarta: Sejarah 400 Tahun’, (terjemahan edisi 2012), Susan Blackburn menulis beberapa pemuda yang mengikuti program pendidikan pelaksaan Politik Etis dipilih secara khusus dari keluarga elit, dibawa ke sekolah Eropa di Batavia, dan diasuh di bawah bimbingan  orang Eropa yang bersimpati terhadap orang Indonesia.


Keluarga Hoesein, termasuk kakak tertuanya, Pangeran Achmad Djajadiningrat, termasuk yang mendapat kesempatan itu. Pangeran Achmad kemudian menjadi anak didik Penasihat untuk Urusan Pribumi dan Ahli Islam terkenal, Ch. Snouck Hurgronje (2012: 133).


Hoesein juga menyusul sekolah di Batavia. Sesuai saran Snouck Hurgronje, Hoesein dikirim ke negeri Belanda untuk meneruskan sekolahnya setelah lulus HBS (Hoogere Burgerschool) pada 1904.


Dalam buku Prof. Dr. Hoesein Djajadiningrat, Karya dan Pengabdiannya yang ditulis Sutopo Susanto (1984), Hoesein digambarkan sebagai orang yang gemilang mengikuti pendidikan. Begitu tamat HBS, ia mengikuti kursus Bahasa Latin dan Yunani Kuno. Pada 1905 ia diterima di Universitas Leiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua