FHUI Akan Gelar Public Service Day
Rechtschool

FHUI Akan Gelar Public Service Day

Atas kerjasama dengan E2J.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Foto: RES (edit)
Foto: RES (edit)
Untuk kali kedua, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) akan menggelar acara Public Service Day. Acara yang rencananya diselenggarakan hari Senin besok, 21 April 2014 bertempat di ruang Auditorium Kampus FHUI Depok ini mengangkat tema “Menuju Rekrutmen Sektor Peradilan yang Adil dan Transparan”.

Seperti tahun lalu, Public Service Day terselenggara berkat kerjasama antara FHUI dengan Educating and Equipping for Tomorrow's Justice Reformers (E2J), sebuah program yang digagas oleh The Asia Foundation dan didanai oleh United States Agency for International Developments (USAID).

Kepada hukumonline, Koordinator Acara Febby M. Nelson menjelaskan bahwa acara ini adalah bagian dari pelaksanaan Memorandum of Understanding program E2J yang ditandatangani oleh USAID dan delapan universitas negeri di Indonesia.

Acara ini, kata Febby, diadakan untuk meningkatkan minat mahasiswa fakultas hukum untuk berkarier di sektor pengadilan. Makanya, dalam acara public service day ini akan digelar pula pameran lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pelayanan publik (public service), khususnya pengadilan.

“Mengingat rendahnya minat dari lulusan FHUI untuk berkarier di bidang pelayanan publik khususnya sektor peradilan,” ujar pengajar mata kuliah Hukum Acara Pidana itu, melalui pesan singkat, Sabtu (19/4).

Selain itu, beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) rencananya juga akan turut berpartisipasi dalam pameran. Melalui Public Service Day, lulusan fakultas hukum diharapkan mau melirik karier di sektor LSM baik itu sebagai aktivis maupun public defender yang aktif mengadvokasi masyarakat sipil serta menyuarakan reformasi hukum serta sektor peradilan.

Sesuai dengan tujuannya, acara Public Service Day diharapkan mampu menyedot atensi dari para mahasiswa hukum tingkat akhir khususnya yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dikatakan Febby, FHUI berharap melalui acara Public Service Day ini lulusan FHUI yang berminat meniti karier di sektor pengadilan semakin banyak. Dengan begitu, lanjut dia, alumni FHUI dapat berperan dalam membawa perubahan yang lebih baik bagi penegakan hukum.

Selain pameran, Public Service Day juga akan diramaikan dengan acara seminar yang menampilkan beberapa pembicara yang kompeten. Mereka antara lain Made Rawa Aryawan (Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta), Taufiqurrahman Syahuri (Komisioner Komisi Yudisial Bidang Rekrutmen Hakim), Supardi (Kepala Sub Bagian Pengadaan Kepegawaian Kejaksaan Agung), Sukma Violetta (Tim Pembaruan Kejaksaan Agung), dan Wiwiek Awiati (Tim Pembaruan Mahkamah Agung).
Tags:

Berita Terkait