Prospek Cerah Arbitrase Meningkat di Pasar Global
Utama

Prospek Cerah Arbitrase Meningkat di Pasar Global

Solusi penyelesaian sengketa di tengah peningkatan volume dan kompleksitas bisnis internasional.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
CEO BIAMC, Naz Juman Gulinazaer saat membuka BIAMC Summit 2018, Senin (15/10). Foto: NEE
CEO BIAMC, Naz Juman Gulinazaer saat membuka BIAMC Summit 2018, Senin (15/10). Foto: NEE

Di tengah beragam spekulasi mengenai prospek arbitrase, sebuah informasi dari survei Queen Mary University of London (2018 International Arbitration Survey: The Evolution of International Arbitration) menyatakan bahwa 97% responden di kalangan pebisnis lebih menyukai arbitrase internasional sebagai cara penyelesaian sengketa. Mengacu pada data tersebut, Ida Bagus Rahmadi Supancana bersama para koleganya mantap mendirikan lembaga arbitrase berskala internasional di Indonesia Bali International Arbitration & Mediation Center (BIAMC) pada tahun 2017 lalu.

 

Setahun berdiri, kali ini BIAMC menyelenggarakan Bali Arbitration  Summit 2018 yang mengundang para pemangku kepentingan untuk membahas tantangan dan peluang di bidang penyelesaian sengketa komersial skala internasional, Senin (15/10). Kesimpulan menarik menguak bahwa arbitrase tak lagi sekadar alternatif pilihan penyelesaian sengketa komersial, namun justru pilihan yang tepat.

 

“Arbitrase dalam alternative dispute resolution saat ini bukan lagi alternative tetapi appropriate,” kata Smrithi Ramesh, Deputy Director Asian International Arbitration Centre (AIAC) di hadapan para hadirin.

 

Supancana, salah satu pendiri BIAMC yang juga Guru Besar di Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya, menjelaskan kepada hukumonline bahwa prospek cerah arbitrase internasional disebabkan globalisasi ekonomi yang terus menguat. Bisnis dan investasi internasional membutuhkan solusi penyelesaian sengketa yang bisa dipercaya. Kebanyakan pebisnis di tingkat internasional enggan berurusan dengan pengadilan nasional dan mengharapkan eksekusi putusan yang cepat.

 

“Investor internasional ingin mendapatkan putusan arbitrase berstandar dan berkualitas internasional,” katanya.

 

Hukumonline.com

Sumber: 2018 International Arbitration Survey: The Evolution of International Arbitration

 

Richard Hayler, Senior Managing Director dari FTI Consulting mengungkapkan hal serupa soal pertumbuhan signifikan pengguna arbitrase internasional. Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh volume transaksi bisnis dan investasi yang semakin meningkat dan kompleks. Di pasar global, berbagai transaksi ini tak bisa berkompromi dengan keterbatasan berbagai pengadilan nasional untuk memberikan penyelesaian cepat dan sesuai kebutuhan.

 

(Baca Juga: Simak Ulasan Seputar Arbitrase Internasional Ala Expert Lawyer)

 

Untuk menghindari itu, menggunakan arbitrase yang bisa memilih sendiri para arbiter dan prosedur bersengketa menjadi pilihan yang disukai. Ditambah lagi tingkat privasi tinggi yang bisa dijamin dalam proses arbitrase.

Tags:

Berita Terkait