Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc MA Jalani Seleksi Kualitas
Berita

Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc MA Jalani Seleksi Kualitas

KY mengimbau kepada para peserta seleksi agar waspada dan tidak mempercayai pihak-pihak yang menjanjikan untuk dapat meloloskan calon.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Seleksi Calon Hakim Agung di Komisi Yudisial. Foto: RES
Seleksi Calon Hakim Agung di Komisi Yudisial. Foto: RES

Komisi Yudisial (KY) menggelar seleksi kualitas calon hakim agung (CHA) dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung (MA) pada Senin-Kamis, 15-18 Juli 2019 di Auditorium KY Jakarta. Sebanyak 69 orang CHA mengikuti seleksi kualitas pada Senin-Selasa, 15-16 Juli 2019 untuk mengukur dan menilai tingkat kapasitas keilmuan dan keahlian calon berdasarkan standar kompetensi calon hakim agung.

 

“1 orang calon hakim agung dinyatakan mengundurkan diri karena tidak hadir pada seleksi kualitas,” ujar Komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

 

Aidul menerangkan peserta seleksi kualitas dirinci berdasarkan jenis kamar yang dipilih yaitu sebanyak 26 orang memilih kamar Pidana; 21 orang memilih kamar Perdata; 10 orang memilih kamar Agama; 4 orang memilih kamar TUN (khusus pajak); dan 8 orang memilih kamar Militer.

 

Di hari pertama seleksi kualitas, para peserta menjalani tes berupa studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) dan pembuatan/penulisan karya tulis. Di hari kedua tes berupa studi kasus hukum dan tes objektif. Dalam seleksi ini juga dilakukan penilaian karya profesi masing-masing peserta yang telah dikumpulkan saat registrasi. Dalam mengerjakan seleksi kualitas ini, peserta wajib menggunakan komputer yang telah disediakan oleh panitia.

 

Dalam seleksi CHA, MA membutuhkan 11 orang hakim agung dengan rincian, yaitu 4 orang untuk kamar Perdata; 3 orang untuk kamar Pidana; 2 orang untuk kamar Militer; 1 orang untuk kamar Agama; serta 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara (TUN) dengan keahlian khusus pajak.

 

Sementara untuk calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor) dan hubungan industrial di MA menjalani seleksi kualitas pada Rabu-Kamis, 17-18 Juli 2019. Seleksi kualitas kedua jenis calon hakim ad hoc itu bakal diikuti oleh 36 calon hakim ad hoc tipikor dan 29 calon hakim ad hoc hubungan industrial pada MA. Seleksi calon hakim ad hoc ini untuk memenuhi 9 orang hakim ad hoc tipikor dan dari 6 orang hakim ad hoc hubungan industrial pada MA.

 

"Ada 4 calon mengundurkan diri, 1 calon hakim ad hoc tipikor dan 3 calon hakim ad hoc hubungan industrial pada MA."  

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait