KY Selenggarakan Sinergi dan Media Massa
Aktual

KY Selenggarakan Sinergi dan Media Massa

Oleh:
Muhammad Yasin
Bacaan 2 Menit
KY Selenggarakan Sinergi dan Media Massa
Hukumonline

Isu pengawasan peradilan menjadi salah satu topik menarik bagi media massa. Perhatian pada isu peradilan perlu didukung pemahaman yang baik pada hal-hal yang berkaitan dengan peradilan, termasuk pengawasan dan penegakan kode etik. Demikian juga pemahaman terhadap penggunaan bahasa hukum. Karena itu pers berperan penting dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas Komisi Yudisial. Peristiwa yang diliput media acapkali menjadi dasar pengawasan dan penegakan kode etik terhadap hakim.

Demikian antara lain benang merah yang disampaikan komisioner Komisi Yudisial, Farid Wajdi, dalam acara Sinergitas Komisi Yudisial dengan Media Massa bertama ‘Peran Media Massa dalam Mewujudkan Akuntabilitas Peradilan, di Bandung, Kamis (18/7). “Peranan pers sangat penting,” ujar Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial itu.

Untuk mendukung sinergi itu, KY mengundang anggota Dewan Pers, Henry CH Bangun, dan akademisi dari Universitas Padjadjaran Bandung, Abi Besman. Menurut Farid, relasi antara pers dapat dilihat dari upaya mewujudkan peradilan yang bersih dan bermartabat. Sinergitas penting dilakukan untuk lebih memberikan pemahaman para jurnalis tentang pengawasan peradilan, batas-batas kerahasiaan pemeriksaan hakim, dan penegakan kode etik. “Meliput di KY berbeda di lembaga penegak hukum lainnya karena undang-undang mengamanatkan proses tersebut dilakukan secara tertutup dan rahasia,” jelas Farid.

Tags: