Hak Pekerja yang Terkena PHK dan yang Mengundurkan Diri

Bacaan 9 Menit
Hak Pekerja yang Terkena PHK dan yang Mengundurkan Diri
Pertanyaan

Mohon diinformasikan mengenai Keputusan Menaker No. 78 tahun 2001 atau kalau mungkin peraturan penyelesaian PHK dan penetapan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan ganti rugi di perusahaan. Bagaimana pula apabila seorang karyawan dengan masa kerja 3 tahun mengundurkan diri apakah mendapatkan uang pesangon, uang jasa masa kerja atau uang ganti rugi?

Intisari Jawaban

Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja (“PHK”), ketentuan pemberian uang pesangon dan/atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima merujuk pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang beberapa ketentuannya telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (“UU Cipta Kerja”).

Lebih lanjut, hak-hak pekerja yang di-PHK diatur secara spesifik di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja yang membedakan berdasarkan alasan terjadinya PHK.

Jadi, apa saja dan berapa besaran hak yang diterima pekerja yang mengundurkan diri menurut UU Cipta Kerja dan peraturan pelaksananya?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.