Cara Melaporkan Maladministrasi ke Ombudsman

Bacaan 12 Menit
Cara Melaporkan Maladministrasi ke Ombudsman
Pertanyaan

Mengenai permasalahan maladaministrasi negara, Ombudsman memiliki tugas untuk menerima dan menangani laporan mengenai hal tersebut. Bagaimana mekanisme laporannya?

 

Intisari Jawaban
?
Setiap warga negara Indonesia atau penduduk berhak menyampaikan laporan kepada Ombudsman tanpa dipungut biaya atau imbalan dalam bentuk apa pun. Laporan harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.
?
Dalam menerima laporan, Ombudsman memeriksa apakah laporan sudah lengkap atau belum lengkap. Jika belum lengkap, Ombudsman mengembalikan laporan dan pelapor dapat melengkapi laporannya dengan jangka waktu yang ditentukan, apabila lewat jangka waktu, pelapor dianggap mencabut laporannya.
?
Apabila laporan lengkap, Ombudsman menetapkan kewenangannya dalam melakukan pemeriksaan terkait dugaan adanya maldministrasi. Jika berwenang, maka pemeriksaan dilanjutkan. Pada tahap ini Ombusman dapat menolak atau menerima laporan yang diikuti dengan pemberian rekomendasi.
?
Selain datang langsung ke Kantor Ombudsman atau Perwakilan Ombudsman, dugaan maladministrasi dapat disampaikan melalui surat, telepon ke: 137 dan 0821 37373737, email ke [email protected], atau pengaduan daring online www.ombudsman.go.id menggunakan formulir pengaduan online yang dipersyaratkan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?