Tips Terhindar dari Kejahatan Phising

Bacaan 6 Menit
Tips Terhindar dari Kejahatan <i>Phising</i>
Pertanyaan

Dua hari yang lalu, ada pihak yang mengatasnamakan akun peminjaman yang saya gunakan, dia menelpon dan memberitahukan bahwa saya mendapat hadiah. Lalu, dia chat untuk memberikan link hadiah. Setelah diklik link-nya, tak lama kemudian dia meminta saya untuk mengirim foto KTP dan selfie sambil memegang KTP. Tak lama kemudian, akun peminjaman tiba-tiba keluar, dan ternyata dia dengan mudahnya menggunakan akun saya tanpa sepengetahuan saya. Dia mengambil pulsa, saya merasa dirugikan, dengan sigap saya langsung menggantikan password akun peminjaman. Tapi, saya takut kalau identitas yang saya kirimkan tadi disalahgunakan, saya khawatir dia menggunakannya untuk pinjaman online menggunakan KTP saya. Apakah pinjaman online hanya bermodal KTP saja? Apakah saya harus melapor ke pihak yang berwajib?

Intisari Jawaban

Perbuatan pelaku yang menghubungi Anda dengan menyamar sebagai pihak pinjaman online serta meminta Anda untuk masuk ke tautan tertentu dan mengirimkan foto Kartu Tanda Penduduk (“KTP”) beserta swafoto bersama KTP dapat dikategorikan sebagai phising.

Phising ini bisa dijerat dengan ancaman pidana dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kemudian, bagaimana jika pelaku juga menyalahgunakan KTP Anda untuk pinjaman online? Langkah hukum apa yang bisa Anda tempuh?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.