Aturan Batasan Modal Asing untuk Perkebunan Kelapa Sawit

Bacaan 4 Menit
Aturan Batasan Modal Asing untuk Perkebunan Kelapa Sawit
Pertanyaan

Sehubungan dengan isu bahwa pasca terbitnya UU Ciptaker, ada hal yang mengatur tentang Penanaman Modal Asing (PMA) terbuka 100% untuk industri perkebunan kelapa sawit. Selanjutnya, kami juga telah membaca Perpres 10/2021 Perpres 49/2021. Namun kami belum menemukan di dalam Perpres di atas maupun lampirannya (Daftar Negatif Investasi) yang mengakomodir komposisi kepemilikan saham asing di industri perkebunan kelapa sawit.

Yang ingin kami tanyakan:

  1. Adakah regulasi lain yang mengatur terkait hal di atas?
  2. Mohon penjelasan terkait Perpres 10/2021 dan Perpres 49/2021, apakah di peraturan tersebut ada poin yang menjelaskan terkait isu PMA terbuka 100% untuk perkebunan kelapa sawit?
Intisari Jawaban

Melalui Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal ditegaskan bahwa semua bidang usaha terbuka bagi kegiatan penanaman modal, kecuali bidang usaha:

  1. yang dinyatakan tertutup untuk penanaman modal; atau
  2. untuk kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh pemerintah pusat.

Salah satu jenis bidang usaha terbuka untuk penanaman modal adalah bidang usaha dengan persyaratan tertentu, di antaranya yaitu syarat pembatasan kepemilikan modal asing sebagaimana Anda tanyakan.

Lalu apakah bidang usaha perkebunan kelapa sawit termasuk dalam bidang usaha yang memiliki syarat pembatasan kepemilikan modal asing?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika