FH UGM Kembangkan Keilmuan Hukum Sebagai Center of Excellence
Law School Stories

FH UGM Kembangkan Keilmuan Hukum Sebagai Center of Excellence

FH UGM sebagai kampus unggul sudah diakui tingkat internasional. Adaptasi dan inovasi sesuai perkembangan zaman menjadi kunci keberhasilan FH UGM terus mempertahankan kualitasnya.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
FH UGM Kembangkan Keilmuan Hukum Sebagai Center of Excellence
Hukumonline

Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Kampus yang awal mula bernama Faculteit Hoekoem Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (FH BPTGM) ini telah memiliki sumbangsih besar terhadap dunia hukum nasional hingga saat ini.

Torehan keberhasilan terus dipertahankan FH UGM hingga saat ini. Dengan mengusung visi menjadi fakultas hukum berkelas dunia yang kompetitif, inovatif dan mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, kampus ini konsisten dan komitmen memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berstandar internasional kepada para mahasiswanya.

Dekan FH UGM Dahliana Hasan menceritakan bagaimana FH UGM terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan hukumnya. ”Saya melihat FH UGM banyak perubahan dari sejak berdirinya pada tahun 1946 sampai sekarang. (Kiprah, red) FH UGM terus berkomitmen memiliki dampak luas baik tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Dahliana saat berbincang dengan Hukumonline, Kamis (22/2/2023).

Selengkapnya, simak hasil wawancara Hukumonline dengan Dekan FH UGM Dahliana Hasan melalui tautan video berikut ini!

Daliana melanjutkan FH UGM terus berupaya mengembangkan keilmuan dalam bidang ilmu hukum dan menjadi pusat keunggulan atau Center of Excellence baik di Indonesia maupun Asia. Menurutnya, berbagai pencapaian tersebut dapat terwujud karena dukungan setiap pihak fakultas dan universitas.

”Ini tidak lepas dari perjuangan dan kepemimpinan semua pihak baik dekan, dekan-dekan sebelumnya, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan,” ujar Dahliana Hasan.

Salah satu upaya FH UGM untuk menjadi perguruan tinggi hukum berkualitas di Indonesia yaitu membuka program peminatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kini, FH UGM memiliki 11 departemen tingkat S1 yang dapat dipilih mahasiswa sesuai dengan peminatannya antara lain Hukum Adat, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Pajak, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara.

Tags:

Berita Terkait