Informasi Penting Seputar KUHP | Hukumonline

Pojok KUHP

Sosialisasi dalam Setiap Tahapan Pembentukan RKUHP

Penjelasan mendalam terkait proses sosialisasi pembentukan RKHUP.
Tim Publikasi Hukumonline

Perjalanan Panjang Penyusunan RUU KUHP

Pembentukan RUU KUHP melewati proses yang cukup panjang. Proses yang memakan waktu bertahun-tahun ini yang menjadikan terbentuknya KUHP baru.
Tim Publikasi Hukumonline

Melihat Keunggulan KUHP Nasional

Seperti menganut asas keseimbangan, pidana mati tidak menjadi pidana pokok, ada putusan permaafan oleh hakim, perluasan jenis pidana pokok pengawasan dan kerja sosial, pertangggungjawaban korporasi, hingga pertangggungjawaban mutlak (strict liability) dan pertanggungjawaban pengganti (vicarious liability).
Tim Publikasi Hukumonline

Investor - Wisatawan Asing, Jangan Khawatir dengan KUHP Nasional

Karena pasal perzinaan dan kohabitasi menjadi delik aduan absolut. Sehingga hanya pihak yang berhak mengadu saja membuat laporan. Masih terdapat alternatif berupa sanksi denda yang tak lebih dari Rp10 juta
Tim Publikasi Hukumonline

Jejak Perubahan Pasal dalam Pembentukan KUHP Nasional

Perubahan terjadi seperti penghapusan, reformulasi, penambahan frasa maupun ayat, hingga reposisi. Terjadinya perubahan setelah terdapat masukan masyarakat dari sosialisasi dan dialog publik.
Tim Publikasi Hukumonline

Menilik Hasil Dialog Publik KUHP Nasional

Masukan masyarakat menjadi bahan dalam menyempurnakan materi yang berujung adanya penghapusan pasal, reformulasi, penambahan pasal, hingga reposisi.
Tim Publikasi Hukumonline

Partisipasi Publik dalam Pembentukan KUHP Nasional

Tak muncul tiba-tiba, proses pembentukan naskah KUHP Nasional telah melalui proses panjang sejak dimulainya seminar hukum I pada 1963 silam. Pembahasan di DPR pun membutuhkan waktu 7 tahun.
Tim Publikasi Hukumonline