Agus Marto Diharap Jadikan BI Lebih Baik
Berita

Agus Marto Diharap Jadikan BI Lebih Baik

Gubernur BI yang baru diharapkan berkoordinasi dengan baik bersama OJK.

ANT
Bacaan 2 Menit
Agus Marto Diharap Jadikan BI Lebih Baik
Hukumonline

Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono berharap Agus Martowardojo dapat membawa stimulus positif pada perekonomian nasional dan pemahaman Bank Indonesia terhadap bisnis perbankan menjadi lebih baik lagi.

"Dengan adanya stimulus positif dapat membuat kondisi iklim investasi bergairan dan karena Agus Marto berasal dari orang perbankan bisa menjadikan BI lebih baik lagi dalam memahami bisnis industri perbankan," kata Sigit Pramono saat ditemui di Jakarta, Rabu (27/3).

Menurut dia, Bank Indonesia (BI) di bawah kepemimpinan Agus Marto dapat mengeluarkan kebijakan makroprudensial efektif dan bermanfaat bagi pembangunan perekonomian nasional.

"Agus merupakan figur yang sudah sangat dikenal yang tidak pernah diragukan integritasnya. Yang terpenting siapapun sebagai Gubernur BI baru yang terpilih harus mampu menjawab tantangan yang berbeda dengan Gubernur BI sebelumnya," ujarnya.

Ia mengatakan, ada 3 tantangan besar yang dihadapi Gubernur BI baru. Tantangan pertama ialah berkaitan dengan tugas BI pada era setelah kelahiran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berbeda dengan era sebelumnya.

"Sejak kehadiran OJK, BI fokus menangani persoalan makro prudensial dan tidak lagi mengatur serta mengawasi perbankan," ujarnya.

Kedua, Gubernur BI bersama Menteri Keuangan, Ketua OJK dan Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bertanggung jawab menjaga stabilitas sistem keuangan melalui Forum Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait