Capres Diharapkan Bawa Solusi Energi dalam Debat
Aktual

Capres Diharapkan Bawa Solusi Energi dalam Debat

KAR
Bacaan 2 Menit
Capres Diharapkan Bawa Solusi Energi dalam Debat
Hukumonline
Isu pangan, energi, dan lingkungan akan menjadi tema pada putaran ke lima debat calon presiden (Capres) tanggal 5 Juli mendatang. Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara beraharap, kedua capres akan menyampaikan solusi atas permasalahan yang menyangkut tiga isu tersebut. Sebab, ia mengaku telah memiliki kajian yang menunjukan masih banyak masalah bangsa di sektor energi.

Ia mengungkapkan, masalah energi menjangkiti hampir semua lini. Mulai dari  permasalahan  minyak dan gas di hulu yaitu regulasi tidak sesuai konstitusi bahkan dikatakan liberal, penemuan eksplorasi masih rendah, infrastruktur gas terbatas, hingga pembangunan stagnan.

"Alokasi gas bermasalah. Blok migas habis masa kontrak rawan terjadi KKN. Ada juga masalah mafia minyak dan juga asing ikut berperan," papar Marwan, dalam seminar tentang solusi permasalahan energi nasional dari capres Prabowo-Hatta dan Jokowi-Jk, di gedung MPR, Jakarta, Kamis (19/6).

Ia juga mengkritisi subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang tidak tepat sasaran. Hal ini menurutnya yang membuat angka kemiskinan terus menanjak naik. “Subsidi BBM masih menjadi sumber masalah keuangan negara ini karena 80 persen subsidi tidak tepat sasaran. Besaran subsidi menimbulkan defisit perdagangan, defisit anggaran sehingga secara langsung menurunkan kurs. Hal ini membuat tingkat kemiskinan terus naik,” imbuhnya.
Tags: