Contoh CV Lamaran Kerja Formal, Semiformal, dan Kekinian
Terbaru

Contoh CV Lamaran Kerja Formal, Semiformal, dan Kekinian

Dalam membuat CV untuk melamar kerja, pastikan bahwa contoh CV lamaran kerja yang digunakan sudah tepat. Kalau salah, bisa-bisa lamaran kerja tak dilirik!

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi contoh CV lamaran kerja. Sumber: pexels.com
Ilustrasi contoh CV lamaran kerja. Sumber: pexels.com

Memerlukan contoh CV lamaran kerja yang profesional? Artikel ini bisa jadi sumber inspirasi. Sebelum itu, mari kenali cara penulisannya dulu.

Apa itu CV? Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) dapat diartikan sebagai catatan singkat tentang gambaran diri seseorang dan kualifikasinya. Umumnya, CV disertakan atau dikirimkan sebagai lampiran dalam surat lamaran kerja.

Lamuddin Finoza dalam Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis Indonesia menerangkan bahwa umumnya CV lamaran kerja memuat beberapa detail seperti data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman bekerja, keterangan lain, dan referensi pribadi. Penjelasan lebih detail mengenai bagian-bagian tersebut dapat disimak dalam uraian berikut.

  1. Data Pribadi

Di bagian data pribadi, data diri yang perlu dicantumkan hanyalah data-data yang sifatnya penting dan diperlukan saja. Penting untuk diingat bahwa data pribadi yang diminta hanya sebatas untuk menggambarkan diri seseorang saja, bukan untuk melengkapi isian formulir penting.


Data pribadi yang umumnya dimuat dalam contoh CV lamaran kerja meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, kontak, dan alamat. Pada intinya, isian data pribadi disesuaikan dengan kebutuhan saat melamar kerja. Misalnya, jika ingin melamar untuk posisi pramugari, hendaknya tinggi dan berat badan dimasukkan dalam daftar data pribadi.

  1. Pendidikan

Dalam bagian pendidikan di contoh CV lamaran kerja, pendidikannya yang dimasukkan dapat berupa riwayat pendidikan lengkap atau sebatas pendidikan terakhir saja. Bagian ini bukan hanya sekadar untuk pendidikan formal saja. Pendidikan nonformal seperti kursus tertentu yang mendukung pekerjaan pun dapat dimasukkan.

Misalnya, untuk lulusan SMK, dalam contoh CV lamaran kerja lulusan SMK yang dibuat bisa diisi dengan pendidikan SMK dan sejumlah kursus yang dilakukan selama sekolah atau setelahnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait