FH UII Gelar Pelepasan Peserta Program Visiting Lecturer dan Pertukaran Mahasiswa
Terbaru

FH UII Gelar Pelepasan Peserta Program Visiting Lecturer dan Pertukaran Mahasiswa

Terdapat 4 dosen FH UII yang dikirimkan ke kampus mitra di Belanda dan Hungaria. Terdapat pula, 3 mahasiswa hukum FH UII yang diterima dan lolos ikuti pertukaran mahasiswa merdeka ke FH USU dan Universitas Mataram.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Dekan FH UII Prof. Budi Agus Riswandi saat melepas Peserta Program Visiting Lecturer dan Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa
Dekan FH UII Prof. Budi Agus Riswandi saat melepas Peserta Program Visiting Lecturer dan Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) baru saja menggelar kegiatan Pelepasan Peserta Program Visiting Lecturer 2024 dan Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024 yang digelar pada 10-11 Januari 2024. Terdapat 2 dosen yang dikirimkan ke University of Groningen, Belanda dan 2 orang dosen yang dikirim ke University of Debrecen, Hungaria dalam Program Dosen Tamu (Visiting Lecturer). 

Selain itu, terdapat 3 mahasiswa yang sudah diterima dan berhasil lolos mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024 ke Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) dan Universitas Mataram. Ketua Tim Penyelenggara Mobilitas FH UII, Dodik Setiawan Nur Heriyanto, menerangkan kesempatan ini menjadi bagian dari program mobilitas dosen dan mahasiswa yang telah berjalan baik.

“Keberadaan kegiatan mobilitas yang tidak hanya dinikmati oleh mahasiswa, tetapi juga dosen ini merupakan bagian dari adanya pengakuan baik tingkat nasional dan internasional kepada Fakultas Hukum UII,” ungkap Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) Prof. Budi Agus Riswandi dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Hukumonline.com

4 Dosen FH UII (tengah) yang diberangkatkan ke Eropa dalam Program Visiting Lecturer 2024.

Baca Juga: 

Selama ini FH UII telah melakukan ragam program yang identik dengan Kampus Merdeka. Bahkan, jauh sebelum program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI itu diberlakukan. Tak heran, dalam hal teknis dan implementasi Program Kampus Merdeka tidak mengalami kendala pelaksanaan. Telah banyak mahasiswa yang mengikuti mobilisasi internasional termasuk sebaliknya telah banyak mahasiswa asing datang dan belajar di FH UII. 

“Semester ini saja kita baru saja menerima 23 mahasiswa asing dari Deakin University dan Western Sydney University. Termasuk sudah banyak Profesor dan Dosen serta Peneliti Asing yang hadir ke UII untuk mendukung pola pengajaran dan penelitian kolaboratif dengan skala internasional,” ungkapnya.

Hukumonline.com

'3 mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024.

Sebagai informasi, Program Visiting Lecturer ini diharapkan dapat membuka ruang yang lebih luas bagi dosen untuk mengembangkan diri termasuk melakukan pengayaan dan mendalami minat riset secara lebih serius. Hal ini diyakini dapat membantu dosen melakukan perancangan karya ilmiah yang lebih berkualitas. Tak hanya penelitian, dalam menjalankan program, Dosen diharapkan bisa menimba pengalaman internasional.

Ada 4 dosen yang bakal diberangkatkan ke Eropa dalam Program Visiting Lecturer 2024 ini yakni Siti Rahma Novikasari, Ayu Izza Elvany, Dr. Inda Rahadiyan, dan Ratna Hartanto. Sedangkan mahasiswa yang bakal mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024 adalah Rizkha Aura Eka Sari, Mutiara Sabila Hamdani, dan Wahyu Nurindah yang merupakan mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII.

Kegiatan Program Visiting Lecturer 2024 ini berjalan selama 1 bulan di kampus mitra FH UII yakni University of Groningen dan University of Debrecen. Sedangkan untuk Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024, mahasiswa peserta akan menempuh program selama 1 semester dan bila telah menuntaskan studi, nantinya hasil studinya dikonversikan ke dalam kurikulum Prodi di FH UII.

Tags:

Berita Terkait