Ini 10 Pengadilan Tinggi Peraih Anugerah MA 2022 Terbanyak
HUT MA ke-77

Ini 10 Pengadilan Tinggi Peraih Anugerah MA 2022 Terbanyak

Karena satuan kerjan pengadilan di bawahnya menerima Anugerah MA 2022 terbanyak. Meliputi 3 lingkungan peradilan yakni Peradilan Umum, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Ini 10 Pengadilan Tinggi Peraih Anugerah MA 2022 Terbanyak
Hukumonline

Mahkamah Agung RI telah memberikan penghargaan kepada pengadilan, hakim, dan advokat melalui ajang Anugerah MA 2022. Ajang ini merupakan kali ketiga MA menggelar kegiatan serupa yang sebelumnya dimulai tahun 2020 dan 2021. Terdapat 5 kategori besar dalam Anugerah MA Tahun 2022 ini yakni Gugatan Sederhana, Mediasi, Pelaksanaan Peradilan Elektronik (E-Litigation), Kinerja Layanan Eksekusi, dan Keterbukaan Informasi di Pengadilan. Termasuk memberi penghargaan khusus kepada Pengadilan Tinggi terbaik yang melaksanakan fungsi pembinaan dengan jumlah satuan kerja (pengadilan di bawahnya) yang menerima Anugerah MA terbanyak.

Perbedaan Anugerah MA Tahun 2022 ini dengan tahun sebelumnya terletak pada bertambahnya 2 kategori baru yakni Kinerja Layanan Eksekusi dan Keterbukaan Informasi di Pengadilan. Selain itu, pengelompokan dari masing-masing kategori itu yang sebelumnya berdasarkan kelas-kelas pengadilan, kini disesuaikan berdasarkan banyaknya jumlah beban perkara pengadilan di 3 lingkungan peradilan yakni peradilan umum, peradilan agama, dan peradilan tata usaha negara.

Baca Juga:

Ketua MA Prof M. Syarifuddin mengatakan perbedaan Anugerah MA Tahun 2022 ini dengan tahun sebelumnya terletak pada bertambahnya 2 kategori baru yakni Kinerja Layanan Eksekusi dan Keterbukaan Informasi di Pengadilan. Untuk 3 kategori besar lainnya yakni Gugatan Sederhana, Mediasi, Pelaksanaan Peradilan Elektronik (E-Court) telah dilaksanakan pemberian Anugerah MA untuk kategori tersebut sejak tahun 2020.

“Ini tahun ketiga MA memberikan Anugerah untuk kategori pelaksanaan dan pemanfaatan Gugatan Sederhana, Mediasi, Pelaksanaan Peradilan Elektronik (E-Court) terbaik,” kata Syarifuddin saat rangkaian acara pemberian Anugerah MA Tahun 2022 bersamaan perayaan HUT MA ke-77 yang digelar secara daring dan luring, Jum’at (19/8/2022) lalu.

Susunan daftar penerima Anugerah MA 2022 dibacakan Sekretaris Mahkamah Agung, Dr Hasbi Hasan, termasuk memberi penghargaan khusus kepada Pengadilan Tinggi yang satuan kerjanya meraih Anugerah MA Tahun 2022 terbanyak.

“Pelaksanaan Fungsi Pembinaan Oleh Pengadilan Tinggi. Pengadilan Tinggi Peradilan Umum dengan jumlah satker peraih Anugerah terbanyak,” kata Hasbi Hasan saat membacakan daftar peraih Anugerah untuk Pengadilan Tinggi yang satuan kerjanya mendapat Anugerah terbanyak.

Tags:

Berita Terkait