Kadin Juga Menduga Ada Kartel Komoditas Pangan
Berita

Kadin Juga Menduga Ada Kartel Komoditas Pangan

Banyak pengusaha melakukan kartel dalam komoditas pangan.

Oleh:
HRS
Bacaan 2 Menit
Kadin Juga Menduga Ada Kartel Komoditas Pangan
Hukumonline

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Pemberdayaan Daerah Tertingga/BULOG Natsir Mansyur mengatakan banyak pengusaha mempermainkan komoditas pangan Indonesia. Permainan ini terjadi lantaran ketidakseimbangan antara supply dan demand. Namun, Natsir tidak menyebutkan pengusaha tersebut. Pendapat ini mengamini dugaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan dugaan kartel dibalik kelangkaan daging sapi.

Natsir menyebutkan beberapa komoditas yang berpotensi ada permainan kartel di baliknya. Komoditas tersebut di antaranya adalah daging sapi. Perkiraan kartel yang terjadi di sektor ini mencapai Rp340 miliar.

Selain daging sapi, komoditas lain adalah daging ayam, gula, kedelai, jagung, dan beras. Permainan kartel yang terjadi di enam komoditas ini mencapai Rp11,34 triliun. Namun, Natsir mengatakan data-data ini masih diperlukan perhitungan akademik yang lebih akurat.

“Komoditas memang masih dipermainkan,” paparnya dalam diskusi publik mengenai kartel pangan di Jakarta, Kamis (7/2).

Pernyataan Natsir juga diperkuat oleh Kadin Jawa Timur. Ada banyak pemain-pemain kartel dalam komoditas pangan, seperti daging sapi. Begitu juga halnya dengan KADIN Sumatera Selatan. Kadin Sumatera Selatan juga meyakini adanya permainan kartel dalam krisis daging sapi ini.

Senada dengan Natsir, Peneliti Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin, Ina Primiana mengatakan sejumlah produk pangan lokal kerap mengalami praktik kartel. Praktik inilah yang diduga mengendalikan harga, stok, dan pasokan pangan.

Keyakinan terhadap adanya potensi kartel, Ina mengatakan kartel tidak sulit dibuktikan. Cukup dengan melakukan perbandingan harga dengan negara lain. Menurutnya, harga daging yang dijual di pasar Indonesia terjadi peningkatan harga yang signifikan dan sangat mahal dibandingkan dengan harga asalnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: