KPK Sita Ratusan Ribu Dollar dari Choel
Aktual

KPK Sita Ratusan Ribu Dollar dari Choel

ANT
Bacaan 2 Menit
KPK Sita Ratusan Ribu Dollar dari Choel
Hukumonline

KPK menyita uang 550 ribu dolar AS dari adik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, Andi Zulkarnaen Mallarangeng. Penyitaan itu dilakukan terkait kasus korupsi pembangunan proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang, Jawa Barat, kata Juru Bicara KPK Johan Budi di gedung KPK Jakarta, Senin. .

"Pada 25 Februari disita KPK dari saudara Andi Zulkarnaen Mallarangeng sebanyak 550.000 dolar AS yang dimasukkan ke dalam rekening bendahara KPK," katanya.

Pada pemeriksaan Senin ini, pria yang biasa dipanggil Choel Mallarangeng itu mengaku membuat berita acara pemeriksaan mengenai pengembalian uang yang ia terima terkait proyek Hambalang. Uang tersebut berasal mantan Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Deddy Kusdinar saat ulang tahun Choel pada 28 Agustus 2010, selain uang itu Choel juga disebut menerima Rp 2 miliar dari Komisaris PT Global Daya Manunggal Herman Prananto pada Mei 2010.

"Jadi uangnya diberikan dalam bentuk tunai berupa dolar AS," jelas Johan. Namun, uang itu masih harus divalidasi untuk dicari hubungannya dengan proyek Hambalang maupun dengan status Choel yang hingga saat ini masih menjadi saksi dalam kasus tersebut.

"Uang tersebut disita karena terkait Hambalang, tapi tidak serta merta orang itu berarti terlibat dalam Hambalang, sekarang sedang diproses bagaimana konteks uang dalam Hambalang jadi belum ada kesimpulan yang menyatakan bahwa orang itu bisa jadi tersangka atau tidak," tambah Johan.

Artinya menurut Johan, KPK belum dapat menyimpulkan apakah penerimaan uang tersebut masuk dalam delik pidana.

Dalam pemeriksaan hari ini, Choel enggan menjelaskan mengenai asal uang dan jumlah uang yang ia berikan kepada KPK. "Itu hak penyidik, karena (uang) itu berkaitan dengan penyidikan lebih lanjut ke pihak lain, pasti nanti disampaikan, yang jelas sudah selesai semuanya," tambah Choel.

Ia juga membantah bahwa uang itu mengalir ke abangnya Andi Mallarangeng. "Tidak, tidak mungkin," kata Choel singkat.

Tags: