KY Jaring 50 Pendaftar Calon Hakim Agung
Aktual

KY Jaring 50 Pendaftar Calon Hakim Agung

ANT
Bacaan 2 Menit
KY Jaring 50 Pendaftar Calon Hakim Agung
Hukumonline

KY berhasil menjaring 50 pendaftar seleksi calon hakim (CHA) tahap kedua 2013.

"Sampai penutupan pendaftaran kemarin (Jumat 30/9) jumlah pendaftar dalam proses seleksi CHA periode kedua tahun 2013 ini adalah 50 orang," kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar di Jakarta, Senin.

Asep mengungkapkan dari 50 pendaftar ini terdiri atas 30 orang mendaftar melalui jalur karier dan 20 melalui jalur nonkarier.

"Untuk jalur nonkarir terdiri dari sembilan akademisi (dosen), tiga pengacara, satu notaris dan tujuh profesi lainnya," ungkapnya.

Asep mengatakan para peserta tersebut akan menjalani tes seleksi administrasi yang kelulusannya direncanakan akan diumumkan dalam minggu pertama September 2013.

"Kemudian untuk peserta yang lulus akan mengikuti seleksi kualitas yang rencananya akan diadakan pada pertengahan September," katanya.

Seleksi CHA tahap II 2013 ini, KY akan menjaring 18 nama untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR guna mengisi enam lawongan hakim agung.

Keenam lowongan tersebut untuk menggantikan tiga posisi hakim agung yang akan pensiun pada semester kedua tahun 2013 dan awal tahun 2014 serta tiga hutang KY pada seleksi sebelumnya.

Tags: