Melihat Perolehan Suara Sementara Caleg Berlatar Belakang Advokat
Terbaru

Melihat Perolehan Suara Sementara Caleg Berlatar Belakang Advokat

Perolehan suara beragam. Meski masih dapat berubah perolehan suara, harap-harap cemas dirasakan para caleg.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

‘Pertempuran’ para calon anggota legislatif (Caleg) dalam pesta demokrasi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terbilang sengit. Menariknya, sejumlah caleg berlatarbelakang advokat masuk gelanggang pemilu merebut kursi di parlemen. Boleh dibilang, harap-harap cemas pun menanti soal lolos tidaknya melenggang ke Senayan berdasarkan hasil perolehan suara.

Lantas seberapa besar perolehan suara sementara para caleg berlatarbelakang advokat di beberapa daerah pemilihan (Dapil) berdasarkan data di laman KPU?.

Merujuk laman resmi KPU, sejumlah caleg berlatabelakang advokat tersebar di beberapa dapil. Sebut saja DKI Jakarta II yang boleh dibilang sebagai dapil ‘neraka’. Pada dapil DKI Jakarta II ada sejumlah nama advokat yang memperebutkan 7 kursi anggota dewan. Seperti Ronny Talapessy dengan ‘kendaraan’ Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ronny Talapessy merupakan advokat yang pernah mendampingi Bharda Richard Eliezer Pudihang Lumiu dalam kasus  eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

Ronny juga menjabat Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam ajang pemilihan presiden (Pilpres). Kendati sejumlah aktivitas yang dilalui, namun belum mampu mendongkrak banyak perolehan suara sementara di Dapil DKI Jakarta. Berdasarkan data pada laman resmi KPU per 22 Februari pukul 14.00 WIB, perolehan suara sementara Ronny sebanyak 19.179.

Baca juga:

Kemudian ada advokat Abraham Sridjaja yang menggunakan ‘kendaraan’ Partai Golkar.Pria yang tercatat menjabat Managing Partner pada Kantor Hukum Sridjaja sejak 2016-2023 itu berada pada Dapil DKI Jakarta II dengan perolehan sementara 27.747 suuara. Angka yang diperoleh Abraham tertinggi diantara kolega separtainya pada satu dapil.

Kemudian ada advokat senior Maqdir Ismail. Pria kelahiran 18 Agustus 1954 itu berada pada Dapil DKI Jakarta III dengan nomor urut 4. Pada Dapil DKI Jakarta III, para caleg memperbutkan 8 kursi. Perolehan suara sementara Maqdir masih jauh dari harapan. Ya, Maqdir memperoleh suara sementara 2.012.  Ada pula nama advokat senior Zainudin Paru dari Partai Keadilan Sejahtera pada Dapil DKI Jakarta III. Zainudin berada di nomor urut 4 dengan perolehan sementara 3.373 suara

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait